ADVERTISEMENT

Kisah Roger Kwok Sempat Tinggalkan Hong Kong Tapi Akhirnya Balik Lagi

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 22 Jul 2022 07:05 WIB
Roger Kwok
Kisah Roger Kwok Sempat Tinggalkan Hong Kong Tapi Akhirnya Balik Lagi. (Foto: Dok. Ist)
Jakarta -

Roger Kwok adalah salah satu bintang TVB yang paling populer. Tetapi tahukah Anda perjalanannya untuk menjadi seorang aktor dipenuhi dengan banyak suka dan duka?

Dia membintangi drama pertamanya, City Story, pada 1986 ketika baru berusia 22 tahun. Dua tahun kemudian, dia menjadi bintang dengan peran pendukung dalam The Final Verdict yang sangat sukses, yang dibintangi oleh Adam Cheng dan mendiang Kenneth Tsang.

Popularitas baru ditemukan Roger menyebabkan dia mendapatkan berperan sebagai pemeran utama dalam sejumlah drama TVB. Pada satu titik, ia bahkan disebut penerus Leslie Cheung, pujian tinggi untuk aktor mana pun saat itu.

Kemampuan aktingnya dipuji secara luas setelah dia memerankan Poon Long-ching yang rakus dan materialistis di Instinct (1994). Dia juga pernah dicap sebagai salah satu aktor paling serbaguna di generasinya.

Namun pada tahun yang sama, ia juga membintangi The Intangible Truth, tentang penangkapan yang salah dan ketidakadilan hukum di Tiongkok. Alur cerita yang berat dan super serius, terlalu tak diminati pemirsa dan menjadikannya sebagai acara prime time TVB dengan rating terendah tahun itu.

Pada saat yang sama, Roger juga memiliki masalah kontrak dengan perusahaan manajemennya. Dia tidak punya pilihan selain meninggalkan Hong Kong ke Taiwan, Cina, dan Malaysia untuk mencari peluang akting yang lebih baik.

Itu adalah periode yang sangat sulit bagi Roger. Tetapi, segalanya membaik setelah dia mendapat telepon dari aktor veteran Kent Cheng, sekarang berusia 71 tahun.

"Dia mencari saya untuk berakting dalam film Warrior Periode 1 (1997), dan itu sangat sulit. Sudah lama aku tidak berakting dalam peran yang begitu melelahkan. Kent akan menanamkan dalam diri saya pemikiran positif setiap hari dan dia mengajari saya bagaimana menghadapi dunia showbiz. Dia mengatakan kepada saya untuk mengingat bagaimana saya pada hari pertama saya bekerja, dan untuk mempertahankan perasaan itu. Keingintahuan dan kegembiraan yang saya miliki adalah apa yang saya butuhkan untuk menyalakan kembali gairah saya (untuk pekerjaan saya)," kata Roger.

Roger secara resmi kembali ke TVB pada 1998 dan popularitasnya meroket ketika ia membintangi sebagai Ma Chi-keung yang baik hati, tetapi naif dalam mega-hit At the Threshold of an Era (1999).

Pada 2002, ia memainkan salah satu karakter paling ikonik TVB, Ah Wang, dalam drama pemecah rekor Square Pegs tahun 2002 bersama Jessica Hsuan.

Perannya yakni seorang pria dewasa dengan usia mental delapan tahun, mengubah Roger menjadi nama rumah tangga di seluruh Asia dan juga memenangkan banyak penghargaan. Termasuk jadi aktor terbaik pertamanya di TVB Anniversary Awards.

(ass/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT