Momen Ridwan Kamil Haji Badal Mendiang Eril: Azan Subuh di Depan Ka'bah

ADVERTISEMENT

Momen Ridwan Kamil Haji Badal Mendiang Eril: Azan Subuh di Depan Ka'bah

Tia Agnes Astuti - detikHot
Minggu, 10 Jul 2022 11:05 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Kepergian Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril masih menyisakan sedih yang mendalam bagi keluarga maupun kerabat terdekat. Di momen Idul Adha, keluarga Ridwan Kamil yang tengah menjalani haji di Tanah Suci kembali mendapatkan momen haru.

Sejak sepekan terakhir, Gubernur Jawa Barat itu kerap mengunggah momen saat menjalani ibadah haji. Tapi yang membuat terharu adalah unggahan terbarunya yang memuat video pendek di depan Ka'bah dengan foto Eril di depannya.

"Rejeki Allah kepada Badal Haji Alm Eril. Mendapatkan adzan subuh tepat di depan Kabah. Persis di depan Hajar Aswad, Multazam, dan Pintu Kabah pula. Alhamdulillah #jejakeril," tulis Ridwan Kamil seperti dilihat detikcom.

Berdiri di depan Ka'bah dan melakukan ta'waf dengan jumlah jamaah haji yang tidak terlalu banyak merupakan momentum tersendiri. Sebagian besar komentar turut mendoakan kepergian mendiang Eril.

"Alhamdulillah pak, husnul khotimah ananda Eril," tulis @wini****.

"MasyaAllah rezeki anak saleh anak baik," balas @lenny_lee_****.

"Maa sya Allah... Semoga A eril bahagia disana begitu pula dgn putra suLungku, sehat selalu bapak beserta rombongan haji yg lain," balas @faiz******.

"Anak baik semua di mudahkan jalannya.... Alhamdulillah," balas lainnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil dan istrinya Atalia diwawancara Najwa Shihab dan pertama kalinya membicarakan duka setelah kehilangan anak pertamanya tersebut. Salah satu yang membuat Atalia terpukul ketika nama mendiang Eril sudah tidak ada lagi di Akta Keluarga.

"Waktu kami urus surat kematian Eril, kan dapat akta tuh. Terus petugasnya bilang, 'ini bu kartu keluarganya'. Saya di situ menangis karena nama Eril sudah nggak ada di situ," kata Atalia Kamil sambil menangis, dan coba ditenangkan Ridwan Kamil.

"Saya bilang, 'bapak kenapa dihilangkan (nama Eril), biarin saja'. Kata si bapak (petugas), 'nggak bisa bu, ini administratif.' Itu saya beratnya di situ," kata Atalia.

Putra sulung Ridwan Kamil itu diketahui terbawa arus saat berenang di Sungai Aare, Swiss pada 26 Mei 2022. Jasadnya baru ditemukan di di bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada 8 Juni 2022 sekitar pukul 06.50 waktu setempat.

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz kini dimakamkan di komplek masjid Al Mumtadz yang kini sedang dibangun Ridwan Kamil di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandun pada 13 Juni.



Simak Video "Momen Gemas Ridwan Kamil dan Sang Putri Foto ala Seventeen"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT