ADVERTISEMENT

Round Up

Air Mata Kerabat Antarkan Dicky Topan ke Peristirahatan Terakhir

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 08 Jul 2022 22:04 WIB
Dicky Topan meninggal dunia
Foto: dok. Instagram Dicky Topan
Jakarta -

Dunia hiburan Indonesia kembali dilanda kabar duka. Dicky Topan, aktor yang dikenal lewat sinetron dan film seperti Cin... Tetangga Gue, Kuntilanak! pada 2010 dan Tuyul pada 2015 meninggal dunia pada Kamis (7/7/2022).

Dicky Topan diketahui selama ini mengidap penyakit jantung. Organ vitalnya itu mengalami pembengkakan hingga tidak lagi bisa berfungsi normal. Selama pandemi COVID-19 ini, kondisi Dicky Topan terus menurun.

Memang sebelum mengembuskan napas terakhir, Dicky Topan sempat dikabarkan membaik. Namun tiba-tiba drop dan akhirnya meninggal pada Kamis malam. Dicky Topan tetap berkomunikasi dengan keluarga sebelum meninggal. Dia mengaku sudah tidak kuat lagi.

"Dia bilang, 'Aduh Mama nggak kuat, nggak kuat.' Dia juga ngerasain perutnya sakit, nyesek, tubuhnya bergetar," cerita Hamid, paman Dicky, ketika ditemui di rumah duka di kawasan Petojo Utara, Jakarta Pusat, Jumat (8/7/2022).

Penyakit yang diidap oleh Dicky Topan disebut bawaan lahir. Sesuai dengan diagnosa dokter dari Rumah Sakit Mintohardjo, dirinya memang sudah mengidap penyakit tersebut sejak lahir namun baru diketahui mengalami pembengkakan jantung pada 2020.

Pemakaman Dicky TopanPemakaman Dicky Topan Foto: Pingkan/detikHOT

"(Ada penyakit) Jantung sama lambung, dia sudah pemeriksaan 6 kali di Rumah Sakit Mintohardjo. Dirawat dari hari Senin di Mintohardjo. Beliau sempat dapat pertolongan dipompa jantungnya," kata paman Dicky Topan.

"Kalau dari hasil dokter dia penyakit bawaan lahir, HB-nya sempat 7, dibantu transfusi darah. Agak lama juga dapat transfusi darah," sambungnya.

Saat melawan rasa sakit, Hamid mengatakan Dicky Topan masih bisa berbincang dengan keluarga. Selama di rumah sakit, Dicky Topan didampingi sang bunda.

Dicky Topan meninggal dunia di usia 26 tahun. Sepanjang hidupnya sosok Dicky dikenal sebagai pria yang periang. Jenazahnya dimakamkan pada Jumat, 8 Juli 2022 di TPI Karet Bivak. Keluarga, kerabat, dan rekan-rekan artis menyambangi lokasi pemakaman untuk mengantarkan Dicky Topan.

Jenazah Dicky Topan sampai di pemakaman TPU Karet Bivak pada 13.00 WIB dengan menggunakan ambulans. Tampak keluarga juga turut mengiringi keranda Dicky Topan menuju tempat peristirahatan terakhirnya.

Selama proses pemakaman berlangsung, tampak komedian Ucok Baba juga datang menghadiri pemakaman. Ucok Baba terlihat tenang sambil memegangi foto Dicky Topan.

Wajah dan tatapannya tak pernah lepas dari pusara Dicky Topan. Beberapa warga yang hadir juga turut datang untuk melihat Dicky Topan terakhir kalinya.

Saat pusara Dicky Topan benar-benar sudah tertutup tanah, sang bunda, Lusi tak bisa menyembunyikan kesedihannya. Ia terlihat tak berhenti menangisi kepergian sang anak.

Dicky Topan dimakamkan satu liang lahat bersama beberapa keluarganya. Usai semua prosesi pemakaman selesai, lantunan ayat suci terus dipanjatkan oleh mereka yang hadir mengikuti proses pemakaman Dicky Topan.

(aay/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT