Profil Arawinda Kirana dan Sepak Terjangnya di Dunia Hiburan

ADVERTISEMENT

Profil Arawinda Kirana dan Sepak Terjangnya di Dunia Hiburan

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 06 Jul 2022 15:15 WIB
Jakarta -

Aktris muda dan berprestasi Arawinda Kirana jadi sorotan. Namun, kali ini bukan karena karya melainkan isu yang tengah menyeret namanya.

Dituding jadi pelakor, pemeran Yuni itu jadi trending topic Twitter. Arawinda memiliki nama asli Sri Arawinda Kirana Rustandi.

Dia lahir pada 27 September 2001 di Jakarta. Arawinda merupakan anak sulung pasangan Nur Ariobimo dan Menour Ariobimo.

Untuk urusan pendidikan Arawinda lulusan Sekolah Perkumpulan Mandiri pada 2019. Lalu, ia mengambil Screenwriting Summer Course (Kepenulisan Skenario) di New York Film Academy selama 4 bulan. Kemudian Arawinda lanjut ke jenjang sarjana program studi Televisi dan Film di Institut Kesenian Jakarta pada 2020.

Arawinda juga mengumumkan diterima untuk mengikuti program kuliah film di University of Southern California. Ia bakal bergabung ke jurusan Cinematic Arts Film and Television Production dari School of Cinematic Arts.

Sepak Terjang di Dunia Hiburan

Berakting bukan hal baru untuk Arawinda. Sejak kecil dia sudah menekuni dunia teater. Kemudian pada 2019 Arawinda bergabung dengan manajemen Kite Entertainment.

Debut layar lebar Arawinda pada 2017 menjadi figuran dalam film Galih dan Ratna. 2020 Arawinda terpilih untuk membintangi film antologi Quarantine Tales dalam segmen Happy Girls Don't Cry.

Kariernya sebagai aktris makin disorot ketika mendapatkan peran utama pada 2021 dalam film Yuni.

Arawinda membintangi sejumlah film dan serial. Beberapa di antaranya yaitu film pendek X&Y (2021), Angkringan the Series (2021), dan Unknown (2021).

Ia juga menjadi salah satu pemeran Before, Now & Then alias Nana, film terbaru Kamila Andini yang tayang perdana di Berlin International Film Festival 2022.

Dia juga pernah menjadi model video klip Dua Centang Biru dibawakan oleh Aminda, FAR dibawakan oleh Rendy Pandugo dan Selamat Jalan Kekasihku dibawakan oleh Andien dan Tompi.

Dari kemampuannya berakting Arawinda juga menorehkan prestasi dan penghargaan dalam dunia seni peran.

Arawinda menjadi Aktris Pendatang Terpilih dari Piala Maya 2020 dan Pemeran Utama Wanita Terbaik pada Festival Film Indonesia 2020.

Ia juga menerima penghargaan Best Actress pada tiga ajang internasional pada 2021, yakni Asian World Film Festival, Red Sea International Film Festival, dan Indonesia Film Critics Society.

Arawinda juga memboyong piala Festival Film Tempo untuk kategori Aktris Utama Pilihan Tempo. Dia kembali mendapat Piala Maya 2022 untuk kategori Aktris Utama Terpilih.

(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT