ADVERTISEMENT

Ruben Onsu Butuh Transfusi Darah O, tapi Tak Bisa Sembarangan

Tim detikcom - detikHot
Senin, 27 Jun 2022 15:07 WIB
Ruben Onsu
Ruben Onsu rutin pemeriksaan untuk tahu penyebab darahnya turun terus. Foto: dok. Capture YouTube Official Trans TV
Jakarta -

Ruben Onsu sampai saat ini belum gamblang menceritakan apa penyakit yang diidapnya. Ruben Onsu baru pekan ini baru akan mengetahui hasil dari dokter.

Mendengar kabar Ruben Onsu kembali masuk rumah sakit, bukan cuma Sarwendah dan Betrand Peto yang sedih. Akan tetapi, sahabatnya sesama host Brownis, Ivan Gunawan ikut sedih.

"Gue tuh kemarin Oma, gue yakin dengan badan segede gini pasti darah gue banyak ya Oma. Pas gue kemarin nonton tayangan lo gue sedih banget, darah gue nggak sama sama lo," ucap Ivan Gunawan sedih.

"Tapi gue tuh kalau badannya besar darahnya banyak," lanjutnya.

Ivan Gunawan juga sempat menuliskan kesedihannya karena tak bisa mendonorkan darahnya ke Ruben Onsu lewat unggahannya. Tapi ternyata, Ruben Onsu yang menyebut golongan darahnya O membuat Ivan Gunawan kaget.

Ivan sedari awal mengira golongan darah Ruben Onsu B. Tapi, ternyata golongan darah mereka sama, yaitu O.

"Nggak kan katanya harus sama. Lo katanya B kan? Lo bilang waktu itu B," celetuk Ivan Gunawan.

"Nggak, gue nggak ngomong gitu. Gue O," jawab Ruben Onsu tertawa.

"Lah gue juga O berarti bisa dong lo pakai darah gue," celetuk Ivan Gunawan.

Mendengar antusias teman-temannya ingin mendonorkan darah, Ruben Onsu memberikan penjelasan. Meski punya golongan darah yang sama, si pendonor tetap harus menjalani pemeriksaan terlebih dulu.

"Darah (untuk didonorkan) kan harus ada jaminan sehat dulu," ucap Ruben Onsu.

"Nggak bisa langsung ngasih. Lo harus dicek kesehatan dulu," timpal Ayu Ting Ting.

"Ya kan harus cek dulu kesehatannya. Dicek dulu, kayak donor darah. O bisa nerima, kalau kemarin itu kan belum ada tingkat kesulitan gue, aku mau ucapin terimakasih ke Rumah Sakit Bunda Menteng, cepat banget untuk penanggulangan darah. Jadi ya menunggunya nggak terlalu lama, datang sesuai," tegas Ruben Onsu.

Tak bisa langsung lakukan transfusi darah, Ruben Onsu juga harus menjalani pemeriksaan.

"Kita masuk dulu, dicek dulu, baru mereka cari darah lagi. Semua dari rumah sakit," jelas Ruben Onsu.

Ruben Onsu sudah dua kali dilarikan ke rumah sakit untuk transfusi darah. Saat pertama kali masuk rumah sakit, Ruben mendapat 5 kantong darah. Untuk kali ini jumlah darah yang dibutuhkan makin banyak, Ruben Onsu dikatakan Sarwendah mendapat 8 kantong darah.

"Iya jadi kemarin itu pas mau balik kan dipastikan dulu ya semuanya. Waktu pertama itu empat kantong (darah). Sekarang itu tujuh eh pas mau pulang dicek lagi dilihat apakah darahnya sudah nyatu apa belum. Ternyata dibilang tahan dulu kita harus tambah darah lagi, tunggu lagi, tambah tiga kantong darah lagi," cerita Ruben Onsu.



Simak Video "Kondisi Ruben Onsu saat Masuk ICU: Butuh Transfusi Darah"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT