ADVERTISEMENT

Selain Jonggol, UAS Pernah Ditolak Ceramah di 6 Tempat Ini

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 17 Jun 2022 09:26 WIB
Ustaz Abdul Somad (UAS) meninggalkan gedung KPK. Ia mengatakan kehadirannya untuk mengisi tausiyah tentang penguatan mental di tubuh lembaga antirasuah itu.
Deretan tempat yang sempat menolak UAS ceramah. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Ustaz Abdul Somad atau UAS mendapat penolakan dari segelintir warga perumahan Citra Indah City di Jonggol. Ini bukan kali pertama UAS mendapat penolakan untuk mengisi ceramah.

Ada beberapa tempat yang juga pernah menolak UAS ceramah. Berikut 6 tempat tersebut:

1. Universitas Gadjah Mada

Pada 12 Oktober 2019 Ustaz Abdul Somad direncanakan menjadi pengisi kuliah umum di Masjid Umum Kampus UGM. Akan tetapi, hal itu batal terjadi lantarang retorat tidak memberikan izin.

Ada sejumlah alasan rektorat tidak memberikan acara tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Takmir Masjid UGM, Mashuri Maschab.

Alasannya karena ada tekanan dari alumni dan UAS dianggap kontroversial. Satu hal lagi, UAS dikaitkan dengan pelantikan Jokowi sebagai presiden terpilih.

2. Keraton Yogyakarta

Penolakan UAS yang terjadi pada Oktober 2019 untuk ceramah di Keraton Yogyakarta viral di media sosial. Beredar di media sosial surat yang berisi tidak dikabulkannya izin penggunaan Kagungan Ndalem Masjid Gedhe Keraton, Ndalem Pengulon, dan Alun-alun Utara sisi barat, Kota Yogyakarta, untuk acara Muslim United oleh Forum Ukhuwah Islamiyah pada 11-13 Oktober 2019.

Surat tersebut memakai kop Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Kawedanan Hageng Panitrapura. Ada tanda tangan Pengageng Kawedanan Hageng Panitrapura, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono pada surat tersebut.

Tidak hanya UAS, dalam acara tersebut ada penceramah lainnya, yaitu Hanan Attaki, Adi Hidayat, Oemar Mita, Bachtiar Nasir, dan Felix Siauw.

3. Jepara

UAS juga pernah dijadwalkan mengisi ceramah di Ponpes Al Husna, Mayong, Jepara. Tapi, acara itu urung dilakukan karena ada penolakan dari GP Ansor.

Penolakan diumumkan melalui surat yang ditandatangani oleh Ketua Cabang GP Ansor Jepara Syamsul Anwar dan Sekretaris GP Ansor Kusdiyanto. UAS dinilai menjadi boneka HTI.

Di halaman selanjutnya, tiga lokasi lainnya yang pernah menolak UAS untuk ceramah.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT