ADVERTISEMENT

Dituduh Jiplak Karya Orang Lain, Andy Lau Menyesal

Hafidzah Nur Aulia - detikHot
Rabu, 01 Jun 2022 11:00 WIB
CANNES, FRANCE - MAY 20:  Actor Andy Lau attends the photocall for Blind Detective during  The 66th Annual Cannes Film Festival at Palais des Festivals on May 20, 2013 in Cannes, France.  (Photo by Samir Hussein/Getty Images)
Foto: Getty Images/Samir Hussein
Jakarta -

Siapa yang tidak mengenali sosok Andy Lau? Aktor legendaris Mandarin ini sama populernya dengan Jackie Chan, Jet Li, dan Stephen Chow. Beberapa waktu lalu, telah merilis sebuah video iklan yang dibintangi oleh Andy Lau.

Rupanya, iklan tersebut menjiplak karya salah satu vlogger China. Mengetahui hal tersebut, Andy Lau segera meminta maaf dan mengaku merasa sangat menyesal.

Salah satu brand mobil mewah Audi dan Andy Lau merilis sebuah permintaan maaf setelah perilisan promo iklan videonya telah dituduh melakukan kegiatan plagiarisme.

Pada Sabtu tanggal 12 Mei, seorang vlogger China melalui akunnya yang bernama Beida Mange mengunggah sebuah video iklan Audi. Dalam klip iklan tersebut, kebetulan Andy Lau lah yang menjadi bintangnya.

Pemilik akun Beida Mange mengklaim bahwa iklan yang dirilis Audi itu telah menjiplak konsep dan isi konten videonya yang pernah dirilis pada bulan Mei tahun lalu.

Vlogger yang memiliki lebih dari 3,6 juta pengikut itu memberikan perbandingan antara unggahannya tahun 2021 dan iklan Audi yang baru saja dirilis.

Andy LauAndy Lau Foto: (dok. ist)

Dalam iklan tersebut, Andy Lau menyampaikan monolog tentang festival Xiaoman atau istilah dari matahari kedua musim panas dalam kalender lunar.

Kemudian, Andy Lau juga membacakan puisi yang diklaim Beida Mange sebagai karya miliknya. Ia merasa isi puisi tersebut hampir sama.

"Aku pernah dijiplak karyanya berkali-kali sebelumnya. Tetapi, aku belum pernah melihat promosi iklan seperti ini. Di mana iklan yang ditampilkan dari awal hingga akhir terlihat benar-benar seperti menyalin konten ku, sampai kata demi kata," ujarnya dikutip dari 8 Days.

"Aku percaya bahwa Tuan Lau sangat dihormati, ia tidak akan dengan mudahnya menjiplak karya orang lain demi iklan. Aku harap ada seseorang yang mau mengakui dan memberikan penjelasannya pada ku," tambahnya.

Mengetahui hal tersebut, Andy Lau pun mengeluarkan pernyataan bersalahnya.

"100 persen, aku sangat menghormati karya orisinalitas. Aku sangat menyesal atas masalah yang dibuat oleh tim periklanan," pungkas Andy Lau.



Simak Video "Diteror Netizen, Vidi Aldiano Akhirnya Ketemu Henry Lau"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT