ADVERTISEMENT

Round-Up

Marshanda Curhat soal Kanker Payudara, Kematian hingga Wasiat

Tim detikcom - detikHot
Senin, 30 Mei 2022 21:04 WIB
Marshanda
Salah satu unggahan Marshanda di media sosial. Dok. Instagram/@marshanda99
Jakarta -

Marshanda baru-baru ini menceritakan kisahnya yang mengidap tumor payudara. Marshanda mengaku saat ini tengah menjalani pengobatan di Singapura.

Soal penyakitnya ini, Marshanda menceritakan dalam channel Youtube pribadinya, Marshed. Terlihat tegar, Marshanda tetap terlihat menahan agar tak menangis saat bicara soal tumor payudara yang dia idap.

"Sebenarnya gue pengin nyari spot yang nggak ada musik karena musiknya agak.... Mungkin itu tanda kalau aku harus tetap bahagia sampai tahu apa rencana Yang Maha Kuasa dengan ngasih gue tumor payudara," ucap Marshanda sambil tersenyum.

Perempuan berusia 32 tahun itu saat ini berada di Singapura untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. Marshanda mengaku pasrah, tapi tetap berusaha melakukan yang terbaik untuk kesehatannya dengan semua kemungkinan yang terjadi.

Ia pun turut berbicara soal kematian dan mengaku sudah pasrah serta ikhlas dengan nasibnya kelak.

"Kalau gue mati habis gue bikin live ini gue nggak apa-apa. Gue minta, if I'm really gonna die, tenang, gue ikhtiar tapi tawakal," ucapnya.

"Jadi gue pasrah, nggak ngapa-ngapain? Nggak gitu. Makanya gue ke Singapura karena aku mau berjuang untuk hidupku," tegas Marshanda.

Dengan suara terbata-bata dan menahan tangis, Marshanda mengatakan sangat ingin bertemu dengan ayah kandungnya.

"Gue pengen bisa pergi ketemu bokap gue sebelum gue kenapa-napa. At least gue ke Singapura tujuannya untuk mencari tahu apakah gue masih akan punya harapan berumur panjang atau tidak," ungkapnya.

"Gue baik-baik saja, gue sudah bertanya sama om gue, mantan suami gue, kalau mau meninggal yang disebut La Ilaha illallah, iya kan? So I'm prepared, gue bawa mukena, sajadah ke Singapura," lanjut Marshanda.

Marshanda juga memberikan pesan kepada buah hatinya, Sienna. Marshanda ingin memperlihatkan kepada Sienna saat ini dirinya tetap bisa tersenyum.

"Maksud gue adalah hidup gue tuh indah. Sienna juga nonton ini. Ingat kata ibu, kita ngobrol banyak beberapa hari terakhir Nen, ibu kasih kamu lagu Sienna yang ibu ciptain buat kamu. Dengarkan lagu itu, Ingat kata ibu, lihat ibu, ibu bahagia. Kalau Nena doa buat ibu, ibu akan berakhir di surga," pungkas Marshanda tersenyum.

Tumor payudara bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Tumor payudara biasanya ditandai dengan munculnya benjolan di area payudara. Sebagian besar benjolan yang timbul sebenarnya jinak.

Dikutip dari Cleveland Clinic, ciri-ciri tumor payudara mudah dikenali, yaitu muncul benjolan yang memiliki batas yang jelas dengan jaringan disekitarnya. Ini adalah ciri tumor payudara jinak.

Sedangkan jika tepi benjolan tidak jelas merupakan ciri tumor payudara ganas. Selain itu, benjolan tumor payudara jinak memiliki bentuk yang kenyal dan lunak. Sedangkan tumor payudara ganas lebih terasa keras kalau diraba.



Simak Video "Marshanda Pilih Terapi Ayurveda untuk Sembuhkan Tumor Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT