ADVERTISEMENT

Clara Antawidjaja Terkejut dengan Tradisi India saat Sajikan Kuliner

Dicky Ardian - detikHot
Senin, 30 Mei 2022 08:49 WIB
Clara Antawidjaja
Foto: Clara Antawidjaja
Jakarta -

Clara Antawidjaja terkejut dengan tradisi yang ada di India mengenai kulinernya. Presenter cantik tersebut kaget dengan cara mereka mengaduk makanan dengan tangan kosong.

Kebetulan, Clara Antawidjaja pernah mengunjungi India. Ketika mau mencoba kuliner khas di sana, ia kaget dengan tradisi tersebut.

"Saya lumayan terkejut saat para penjual makanan di India menggunakan tangan kosong untuk mengolah, mengaduk dan menyiapkan makanan untuk pembeli. Namun ternyata ada makna filosofis di balik itu semua," ujar Clara Antawidjaja di Jakarta, belum lama ini.

Wamita yang juga CEO Antawijaya Consulting itu mengatakan mencari tahu mengenai tradisi tersebut. Ia kemudian menemukan jawabannya.

"Dari sisi kepercayaan, makan menggunakan tangan memiliki keistimewaan tersendiri untuk masyarakat India. Makan menggunakan tangan juga diyakini sebagai saluran lima elemen kehidupan, yakni udara, api, air, tanah atau bumi, dan akaca (ruang angkasa)," ujar wanita kelahiran Jakarta, 23 Februari 1996

"Terkesan tidak higenis namun ternyata menurut warga asli India, memasak menggunakan tangan tanpa menggunakan alat bantu seperti sendok atau spatula membuat rasa semakin orisinil," lanjutnya.



Simak Video "Menyantap Ikan Goreng Sambal Terasi Murah di Tengah Megahnya SCBD"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT