Lebaran Zinidin Zidan yang Penuh Cobaan: Somasi sampai Isu Meninggal

ADVERTISEMENT

Round Up

Lebaran Zinidin Zidan yang Penuh Cobaan: Somasi sampai Isu Meninggal

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 04 Mei 2022 05:30 WIB
Zinidin Zidan
Foto: Instagram @zinidinzidan_real
Jakarta -

Tiba-tiba muncul begitu saja, publik terpapar nama baru, Zinidin Zidan. Beberapa menyebutnya seorang YouTuber, ada yang menganggapnya penyanyi, sebagian lagi malah menghujatnya karena membuat onar di dunia maya.

Bersama dengan rekannya, Tri Suaka, Zinidin Zidan viral sejak dinilai melecehkan sejumlah musisi lewat penampilan cover lagu di media sosial. Babang Tamvan alias vokalis Kangen Band, Andika Mahesa, menjadi salah satu orang yang terlibat karena keributan itu.

Kedua anak muda itu dinilai melecehkan Andika dan lagu Kangen Band. Video parodi mereka habis dirundung oleh warganet yang kesal, bagaimana bisa penyanyi cover, mengejek band melayu paling populer pada zamannya.

Andika melayangkan somasi kepada keduanya, walaupun kini telah berakhir damai saat Tri Suaka bertamu ke Lampung untuk bertemu langsung dan meminta maaf.

"Saya mengapresiasi, itikad baiknya Tri Suaka mau datang menemui Andika di Lampung. Permasalahan yang terjadi antara Andika dan Tri Suaka sudah clear. Somasi yang dilayangkan sudah dicabut dan semua diselesaikan dengan kekeluargaan dan berdamai," kata Mario Andrensyah, pengacara Andika Kangen Band, melalui jumpa pers virtual, Kamis (28/4/2022).

Namun, karena Zidan tidak turut hadir, sepertinya urusan mereka masih akan berlanjut. Rencananya, Zidan akan bertemu dengan Andika usai Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

"Masih dalam proses (mempertemukan Zidan dan Andika), soalnya Tri sama Zidan nggak selalu bareng. Apalagi mendekati Lebaran gini kami mencar-mencar, tapi kami upayakan (bertemu langsung)," ungkap Tri Suaka.

Sedikit menghela napas, ternyata datang lagi masalah selanjutnya. Musisi Minang kenamaan, Erwin Agam muncul dan melayangkan somasi kepada Zidan dan Tri Suaka. Erwin meminta keduanya membayarkan royalti sebesar Rp10 miliar atas perbuatan mereka meng-cover lagu-lagu ciptaannya tanpa meminta izin untuk kebutuhan komersial.

Tri Suaka dan Zinidin Zidan telah meng-cover dua buah lagu milik Erwin Agam tanpa izin. Lagu tersebut berjudul Emas Hantaran dan Luka Sekarat Rasa. Masing-masing lagu di-cover oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan sebanyak 5 kali. Kemudian lagu tersebut mereka upload di YouTube masing-masing.

"Setelah dikonfirmasi dan mencocokkan data, ternyata benar tim Tri Suaka ini tidak meminta izin dan saat dikonfirmasi tidak ditanggapi dan itu pun cover-nya banyak sekali, satu lagu bisa ia cover 5 lagu. Lagunya ada dua, tapi dijadikan cover 6 YouTube. View-nya itu mencapai 10 juta penonton, satu lagu bisa 2 juta penonton dan ada yang 3 juta, 6 juta view-nya, ada yang 12 juta," kata Arianto, kuasa hukum Erwin Agam saat dihubungi detikcom belum lama ini.

Isu Zinidin Zidan meninggal (di halaman selanjutnya)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT