Oprah Blak-blakan Pernah Alami Salah Diagnosa Penyakit Gegara Dokternya Takut

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 01 Mei 2022 13:03 WIB
SYDNEY, AUSTRALIA - DECEMBER 12:  Oprah Winfrey on stage during her An Evening With Oprah tour on December 12, 2015 in Sydney, Australia.  (Photo by Mark Metcalfe/Getty Images)
Foto: Getty Images/Mark Metcalfe
Jakarta -

Oprah Winfrey buka suara soal pengalamannya berhadapan dengan sistem pelayanan kesehatan di Amerika Serikat. Pada 2007, dia pernah mendapatkan diagnosa yang salah dari seorang dokter.

Kala itu, Oprah Winfrey mengidap penyakit tiroid. Namun setelah konsultasi ke beberapa dokter, tidak ada satu pun dari mereka yang memberikan diagnosa tiroid kepadanya.

Selama setahun itu, Oprah mengalami berdebar yang tidak wajar. Semua dokter menyebut penyakitnya berhubungan dengan jantung.

Namun satu dokter di Cleveland Clinic kemudian memberikan diagnosa berbeda. Di situlah, dia tahu bahwa dia mengidap tiroid.

"Dia bilang, 'Aku harus bagaimana? Kau Oprah Winfrey, dan aku tidak ingin membiarkan kau mati di tanganku tanpa melakukan apapun yang bisa aku lakukan'," cerita Oprah kepada The Los Angeles Times.

Oprah Winfrey juga mengakui statusnya sebagai selebriti membuatnya mudah mendapatkan akses kesehatan di Amerika Serikat. Sebagai perempuan kulit hitam, dia tidak membantah bahwa tidak sedikit orang tak mendapatkan akses yang sama sepertinya.

Sebagai pembawa acara talk show kenamaan, Oprah Winfrey selalu didahulukan untuk urusan apapun. Termasuk pelayanan di fasilitas kesehatan.

"Biar kuberitahukan ke kalian, kalau kalian ingin menggunakan status selebriti itu, kalian harus menggunakannya untuk urusan kesehatan yang gawat darurat. Lupakan restoran, lupakan hadiah gratis. Semua perhatian yang kau dapatkan sebagai seorang selebritas tidak bisa dibandingkan dengan perhatian yang akan kau dapatkan ketika ada hal yang tak beres dengan tubuhmu. Itu adalah kelebihan (jadi selebritas) tapi itu juga bisa jadi sebuah kekurangan," lanjut dia.

Pengalaman mengidap tiroid membuat Oprah belajar untuk mencari banyak opini soal penyakit yang dia rasakan. Dia juga mengisyaratkan agar orang-orang melakukan hal yang sama termasuk punya satu ahli yang bisa memberikan masukan soal apa yang sebaiknya dilakukan.

"Siapapun kau, jangan pergi ke rumah sakit sendirian. Aku akan selalu pergi ke rumah sakit dengan seseorang yang percaya. Sulit untuk bergerak ke rumah sakit sendiri apalagi kalau sedang sakit," tutup Oprah.



Simak Video "Meghan Markle Sindir Kerajaan Inggris di Cuplikan Wawancara Oprah"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/tia)