Pergaulan

RICMA, Remaja Masjid Paling Gaul Se-Jakarta

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Jumat, 22 Apr 2022 16:14 WIB
Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa Sambut Ramadan 2019
Ilustrasi Foto: (Isfari Hikmat/detikcom)
Jakarta -

Sudah lumrah terjadi di setiap masjid memiliki organisasi turunan yang dihuni anak-anak muda yang biasa disebut remaja masjid. Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) dari Menteng, Jakarta Pusat, adalah salah satu yang paling populer, baik di Jakarta, maupun secara nasional.


Banyak hal yang kemudian membuat RICMA menjadi rujukan dari remaja masjid lainnya. Usianya yang terbilang cukup lama, di tahun ini sudah memasuki 38 tahun. Serta kajian-kajian dan kegiatan lain yang mereka lakukan. Salah satu yang paling besar adalah Ramadhan Jazz Festival (RJF).


Secara jumlah, anggota Badan Pengurus Harian (BPH) RICMA dihuni 50 orang. Sedangkan anggota mereka yang tersebar di Jabodetabek, ditaksir sekitar 10.000 orang. Walaupun berada di pusat Jakarta, para anggota tidak semua berasal dari sekitar, banyak juga yang berasal dari wilayah lainnya.

Memasuki bulan Ramadan, sudah pasti RICMA sibuk menjalankan program utamanya. Selain RJF yang tahun ini memasuki gelaran ke-11, ada juga Gema Ramadhan yang lebih fokus kepada kegiatan sosial, serta kegiatan iktikaf di 10 hari terakhir Ramadan. Di tengah itu semua, Muhammad Husein, Ketua Umum RICMA saat ini, menyempatkan diri untuk berbincang dengan detikHOT. Berbagi cerita lebih banyak tentang organisasi yang sudah dipimpinnya selama tiga tahun terakhir.


"Kalau berbicara mengenai RICMA sudah pasti isinya anak-anak muda, yang range umurnya itu sekitar 18 tahun, maksimal di kami itu 26 tahun. Isi-isi dari RICMA itu anak kuliahan tapi sembari kerja juga. Kita strategi dakwahnya anak-anak tongkrongan yang, ibaratnya nongkrongnya di luar, aktifnya di luar, bergaulnya di luar, kita pindahkan ke Masjid Cut Meutia, secara konsep seperti itu. Kenapa? Soalnya kita punya prinsip masjid bukan hanya jadi tempat ibadah saja, tapi semua aktivitas yang positif harus di masjid, apapun itu," buka Husein saat ditemui di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, saat sedang menggelar pre-event Ramadhan Jazz Festival 2022.


Sebagai peluru utama, RJF tahun ini yang digelar 22-23 April 2022 mengambil tema Melody of Kindness. Mereka mengusung narasi bahwa anak-anak muda harus lebih menyadari dan menentang hal-hal terkait radikalisme.



Simak Video "Yogya Selatan Episentrum Pesta & Pergaulan"
[Gambas:Video 20detik]