3 Tokoh Agama Bahas Konsep Sedekah Ustaz Yusuf Mansur

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 20 Apr 2022 19:04 WIB
Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran
Ustaz Yusuf Mansur (Foto: Iswahyudi / 20detik)
Jakarta -

Ustaz Yusuf Mansur belakangan menjadi sorotan usai video dirinya marah-marah di media sosial. Efek dari video viral itu membuat ceramah lamanya ikut terbawa-bawa.

Pada sebuah kesempatan, Ustaz Yusuf Mansur menyampaikan konsep sedekah yang kini menjadi perhatian publik. Ia disebut seperti menodong orang yang ingin bersedekah.

Beberapa tokoh agama pun ikut memberikan tanggapan atas konsep sedekah itu.

1. Aa Gym

Aa Gym soal kematian 6 laskar FPIAa Gym (Foto: Screenshoot Instagram)

Dalam sebuah video ceramahnya, Aa Gym membahas konsep sedekah Ustaz Yusuf Mansur. Menurutnya harta seseorang bisa habis jika mengikuti konsep sedekah itu.

"Saya terima kasih kepada Ustaz Yusuf Mansur hati-hati ya kalau dengar ceramah beliau bisa habis harta kita. Kita punya apa rumah yang paling bagus, mobil, tanah yang puluhan tahun nabung, tabungan ya disedekahkan itu dua hari habis harta kita," ucap Aa Gym.

2. Cak Nun

Cak Nun di acara PDIP, ada Sekjen PDIP Hasto di kanannya dan Ketua DPR Puan Maharani di kirinya. (Tangkapan layar YouTube PDIP)Cak Nun Foto: Cak Nun di acara PDIP, ada Sekjen PDIP Hasto di kanannya dan Ketua DPR Puan Maharani di kirinya. (Tangkapan layar YouTube PDIP)

Cak Nun juga menanggapi konsep sedekah yang mirip dengan metode yang disampaikan Ustaz Yusuf Mansur. Ia mengatakan sedekah tidak boleh mengharapkan imbalan.

Menurut Cak Nun sedekah adalah soal keikhlasan. Niat dari tindakan itu harus tulus saling memberi.

"Jangan bersedekah dengan niat nanti dapat kembalian 700 kali lipat itu bukan sedekah namanya. Sedekah itu titik ketika anda ngasih dan tidak ada pikiran apapun kecuali memberi. Bila nanti anda mendapat imbalan itu bukan urusan anda jadi tidak usah dipikirkan," tutur Cak Nun.

Buya Yahya bahkan menyebut konsep sedekah Ustaz Yusuf Mansur layaknya merampok. Simak di halaman selanjutnya.