Otto Hasibuan Bantah Sebut Hotman Paris Langgar Kode Etik

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Selasa, 19 Apr 2022 05:00 WIB
Hotman Paris Menang Lelang Popcorn Chef Arnold Rp 50 Juta
Hotman Paris dalam salah satu unggahannya di media sosial. Dok.instagram @arnoldpo/ @hotmanparisofficial
Jakarta -

Saling lempar sindiran antara Hotman Paris dan Otto Hasibuan membuat pengacara yang ngetop di media sosial itu memilih cabut dari PERADI (Perhimpunan Advokat Indonesia). Hotman Paris sepertinya masih merasa tak terima lantaran disebut melanggar kode etik advokat gegara kerap pamer harta (flexing), mobil sport hingga perempuan cantik.

Namun Otto Hasibuan selaku Ketum PERADI membantah jika disebut menyinggung Hotman Paris dengan gaya hidupnya itu.

"Apa yang dikatakan Hotman Paris tidak benar. Saya secara pribadi maupun Ketua Umum PERADI tidak pernah menyatakan hal tersebut. Saya tidak pernah menyatakan bahwa advokat memamerkan itu (harta) melanggar kode etik," kata Otto Hasibuan bersama anggota PERADI saat menggelar konferensi pers di kantor PERADI di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Senin (18/4/2022).

Otto juga mengaku dirinya tidak memiliki kewenangan untuk menilai prilaku Hotman Paris apakah telah atau tidak melanggar kode etik advokat.

"Apakah melanggar kode etik itu kewenangan dewan kehormatan. Bukan sebagai saya ketua PERADI. Jadi tidak ada masalah harta dan uang. Uang dan harta konsekuensi logis melakukan tugasnya. Kalau advokat itu berprestasi baik akan ada penghargaan semakin besar pada advokat itu," bebernya.

Namun di sisi lain Otto Hasibuan mengaku dirinya khawatir akan muncul stigma profesi pengacara identik dengan prilaku hedonisme

"Jangan sampai advokat baru jangan sampai punya keliru. Jangan sampai mau jadi advokat gara-gara mau kaya. Karena paradigma tersebut akan menghalalkan berbagai acara untuk mendapat uang. Itu merupakan kewajiban saya harus memberikan edukasi atau calon advokat. Memberikan bekal sebagai pengacara agar masyarakat paham," terang Otto.

Selain itu Otto Hasibuan juga mengungkapkan dirinya tak tahu alasan Hotman Paris Hutapea memilih keluar dari PERADI. Hal itu lantaran dalam surat pengunduran diri dari Hotman Paris tidak dicantumkan alasan mengapa Hotman keluar.

"Saya enggak tau alasan dia keluar," ujar Otto.

Namun usai cabut dari anggota PERADI, Hotman sempat mengirimkan pesan WhatsApp kepadanya. Namun Otto Hasibuan akui belum membaca pesan Hotman Paris.

Sehingga Otto belum bisa berkomentar alasan Hotman hengkang. Bahkan Otto meminta awak media bertanya Hotman langsung.

"Tanya Hotman dong," pungkasnya Otto Hasibuan tertawa.

Diketahui Hotman Paris sempat kecewa dengan Otto Hasibuan dan merasa disindir akibat hidup hedon.

"Nggak ada kaitan kode etik advokat dengan harta kekayaan dan penampilan," ujar Hotman Paris Hutapea di Instagram, Sabtu (16/4/2022).



Simak Video "Hotman Paris Ogah Minta Maaf soal PERADI Otto Hasibuan "
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)