Sakit Kista, Kamasean Naik Berat Badan Sampai Dikira Hamil

Hanif Hawari - detikHot
Minggu, 13 Mar 2022 21:31 WIB
Kamasean
Kamasean Foto: Instagram/@kamasean
Jakarta -

Kamasean ternyata pernah mengidap kista di dalam rahimnya. Penyanyi kelahiran 30 Juni 1995 itu pun pernah menjalani operasi untuk menyingkirkan kista tersebut.

Awalnya, Kamasean didiagnosis mengidap kista di rahim pada tahun 2017. Saat itu, ukuran kista masih sekitar 6-8 cm, sehingga Kamasean tidak menghiraukan dan membiarkan kondisi tersebut begitu saja.

"Jadi, memang pertama didiagnosa tahun 2017 pertama tahu aku ada kista di ovarium kanan dan ovarium kiri itu tahun 2017," ujar Kamasean saat ditemui di Gedung Trans TV, Jalan Kapten P. Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

"Waktu itu ukurannya masih 6 cm dan 8 cm, cuma karena aku merasa oh kayaknya nggak terlalu mengganggu aku nggak usahlah tapi waktu itu dokter sudah bilang sebaiknya dioperasi, sebaiknya diangkat mumpung masih kecil tapi karena aku pikir nggak mengganggu ya sudah biarkan saja," sambungnya lagi.

Hari demi hari berlalu, kista di rahim Kamasean semakin membesar hingga perutnya menonjol bak wanita hamil. Berat badannya pun terus menanjak. sementara bagian tubuhnya yang lain tak ikut membesar.

"Ternyata 2017 sampai 2020 tanpa aku sadari di awal 2020 sebelum pandemi aku mulai merasa kok kayaknya badanku lebih berat tapi beratnya bukan, kalau misal orang naik berat badan gitu loh, kayaknya gendutan apa gimana sih karena perutku keras tapi perut saja bagian tubuh lain nggak ada tambah besar, kayaknya aneh deh," katanya.

"Berat aja gitu lho, aku tuh nggak ngeh pas dari dokter itu. Bahwa memang aku kelihatan kayak lagi hamil 4 bulan 5 bulan gitu. Karena memang gede gitu perutnya. Aku sampe dikasih kursi 'silahkan duduk bu' dikira aku hamil padahal nggak," tuturnya.

Akhirnya, Kamasean menjalani prosedur operasi pengangkatan kista yang selama ini mengganggunya. Setelah menjalani operasi, Kamasean mengaku merasa lebih lega.

KamaseanKamasean Foto: Instagram/@kamasean

Berat badannya turun hingga 5 kg, tapi ada satu lagi hal mengejutkan yang perlu diketahui. Kamasean divonis mengalami kanker stadium awal, tapi untungnya, ia tak perlu menjalani prosedur pengobatan kanker yang melelahkan.

Puji Tuhan udah enakan, pas aku operasi itu aku langsung turun 5 kg. Iya emang itu gede banget. Sebesar tas tangan, dan ternyata waktu habis operasi dokter menemukan bahwa ini ternyata ada sel kanker stadium awal," katanya.

"Tadinya dokter tuh sampai mempersiapkan aku 'harus siapin mental ya' segala macem. Akhirnya kita berdoa eh terus dokter ngabarin ternyata pertumbuhan sel ku bagus jadi nggak perlu kemo tapi harus cek up terus selama tiga bulan sampai sekarang," tutup Kamasean.

(hnh/dar)