ADVERTISEMENT

Marissya Icha Kenalkan Kain Sasirangan di Paris Fashion Week 2022

Hanif Hawari - detikHot
Senin, 07 Mar 2022 20:26 WIB
marissya icha
Marissya Icha Kenalkan Kain Sasirangan di Paris Fashion Week 2022. (Foto: dok instagram)
Jakarta -

Marissya Icha sedang berada di Prancis. Ia menjadi public figure yang beruntung diajak untuk memperkenalkan kain Sasirangan di ajang Paris Fashion Week 2022.

Marissya Icha berangkat atas undangan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Ia digandeng oleh Vivi Zubedi.

Vivi Zubedi merupakan istri dari Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin. Selain sibuk sebagai istri seorang kepala daerah, ia juga menjalani peran sebagai desainer profesional.

"Aku datang ke Paris sebagai orang yang digandeng oleh Dekranasda Banjarbaru untuk mengenalkan kepada dunia dan supaya disorot oleh beberapa publik atau warga Indonesia seperti baju yang aku pakai kemarin. Bahwa baju daerah pelosok bisa terlihat bagus dan bisa terlihat mewah dipakai gitu," kata Marissya Icha saat dihubungi detikcom.

Vivi Zubedi memiliki alasan mengapa mengajak Marissya Icha pada ajang bergengsi tersebut. Marissya Icha dinilai cocok untuk membantu memperkenalkan kain Sasirangan, khas daerah Banjarbaru.

"Sebenarnya simple saja, karena melihat sosok Icha yang masih muda dan bisa menjadi contoh untuk generasi milenial juga kalau kita pakai produk lokal itu keren, nggak selalu produk lokal itu jelek ataupun tidak punya nilai," imbuh Vivi Zubedi dalam kesempatan yang sama.

Vivi Zubedi sangat berharap bisa membawa kain Sasirangan itu menjadi go international. Selain itu, Vivi Zubaedi juga bermaksud ingin membangkitkan perekonomian daerah.

"Sebagai salah satu Ketua Dekranasda di Indonesia yang kebetulan yang saya ketuai Dekranasda Banjarbaru, kita pengin sebagai pemimpin ada fungsi dan dampak nyata bagi masyarakat. Jadi kalau di kota saya sendiri kebetulan sebagian penghasilan pada ibu-ibu ataupun warga di Kota Banjarbaru itu dengan membuat Sasirangan, itu salah satu pencaharian mereka," beber Vivi Zubedi.

"Jadi dengan meningkatnya awareness terhadap produksi atau produk daerah kami, maka yang saya harapkan dampaknya akan dapat mengembangkan perekonomian ataupun memajukan perekonomian di kota kami," lanjutnya.

Marissya Icha bangga kenalkan kain lokal Indonesia ke mata dunia.Marissya Icha bangga kenalkan kain lokal Indonesia ke mata dunia. Foto: dokumen pribadi

Dalam ajang fashion week tersebut, kain Sasirangan disulap menjadi begitu epic di tangan Vivi Zubedi. Meskipun kain itu dari daerah dan dibuat oleh pengrajin setempat, tapi bisa menjadi busana glamor yang identik dengan kemewahan.

Marissya Icha berdoa semoga daerah-daerah lain juga menunjukkan potensi yang sama ke mata dunia. Ia sangat bangga dengan Vivi Zubedi karena bisa menggandeng dan membesarkan daerah yang dipimpin oleh suaminya tersebut.

"Perasaannya senang banget karena pertama untuk ke Paris ini aku memang diajak beberapa brand dari Indonesia, UMKM yang mengembangkan bisnisnya masing-masing untuk dikenal dunia. Lalu setelah beberapa brand mengajak aku, pertama aku memang simpatik dan respect banget sama Mba Vivi dan aku suka desain yang dia punya, dan aku suka dengan attitude-nya Mba Vivi dan segala macam dari dulu aku tahu Mba Vivi," papar Mrissya Icha.

"Super happy banget karena itu aku banget. Kayak ada poin yang disampaikan kepada khususnya orang Indonesia dan dewan-dewan perwakilan daerah. Aku pengin seperti ada Mba Vivi lainnya di setiap daerah gitu mengembangkan UMKM masing-masing di setiap daerahnya dan peduli terhadap UMKM di setiap daerahnya seperti kain yang kita bawa. Itu kain yang di pelosok banget yang seorang ibu Walikota sekaligus desainer peduli sehingga mem-build menjadi itu menjadi sesuatu yang something, yang mewah sehingga dikenal oleh publik. Wow ternyata barang daerah yang tidak dipakai dan minim banget di pandang publik itu ternyata tidak seperti anggapan mereka," tukasnya.

(hnh/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT