Round-Up

Aliff Alli Resmi Ditahan!

Tim Detikhot - detikHot
Kamis, 03 Mar 2022 06:30 WIB
Jakarta -

Nama Aliff Alli masih dibicarakan mengenai kisruhnya dengan mantan istrinya, Aska Ongi. Setelah Polda Metro Jaya menetapkannya sebagai tersangka pertengahan Februari, kini ia resmi mendekam di bui.

Aliff Alli sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pemalsuan dokumen. Mantan istrinya, Aska Ongi yang melaporkan ke Polda Metro Jaya.

Dia resmi ditahap pada Selasa (1/3/2022) malam, usai diperiksa penyidik selama seharian. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpa mengatakan penyidik Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya telah menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka.

"Mulai tadi malam tersangka langsung dilakukan penahanan," tegas Kombes E Zulpan.

Saat proses penyidikan, ia terbilang kooperatif dan mematuhi aturan Polda Metro Jaya.

Saat ditanya oleh penyidik, Aliff Alli juga mengaku telah memalsukan dokumen ketika membuat akte kelahiran anak.

Kombes E Zulpan mengatakan tersangka mengakui kesalahannya serta menjelaskan maksud melakukan pemalsuan dokumen tersebut. "Dia mengatakan inisiatifnya," tegasnya.

Aliff Alli disangkakan pasal 184 KUHP. Ia terancam hukuman 7 tahun penjara.

"Kan minimal dua alat bukti, semua sudah terpenuhi. Kalau secara teknis mungkin tidak bisa disampaikan tetapi penetapannya sudah dilakukan," kata Endra Zulpan.

Polda Metro Jaya pun mengungkapkan alasan langsung menahan Aliff Alli agar tersangka tidak kabur ke Malaysia sebagai negara asalnya.

"Kita lakukan penahanan agar yang bersangkutan tidak melarikan diri. Karena yang bersangkutan ini sebagai warga negara asing ya, Malaysia," kata Endra Zulpan.

Surat penetapan tersangka Aliff Alli dikeluarkan oleh polisi per tanggal 15 Februari 2022. Aska Ongi berharap Aliff Allif bisa segera diamankan oleh pihak kepolisian.

"Kalau kita sebagai pelapor kita harap dapat dilakukan penangkapan dan penahanan. Selebihnya kita serahkan ke penyidik," papar tim kuasa hukum Aska Ongi, Aulia Fahmi.

"Karena beberapa waktu lalu sempat ada statement terlapor dan kuasa hukumnya menyatakan untuk aska ongi minta maaf. Kita melihat di sini ada perkara yang dicabut lalu ada perkara lagi. Kenapa kita yang harus minta maaf? Yang kedua ada pernyataan aska ongi cemburu. Ini kan memutarbalikkan fakta. Ikuti proses hukum, jadi kita harap semoga dia ikuti proses hukum," bebernya.

Aska Ongi dan Aliff Alli yang telah becerai kini merebutkan hak asuh anak. Menurut penuturan Aska Ongi, mantan suaminya itu memalsukan akta lahir anak-anaknya.

(tia/wes)