ADVERTISEMENT

Ratu Elizabeth II Positif COVID-19

Tim detikcom - detikHot
Senin, 21 Feb 2022 08:25 WIB
CARDIFF, WALES - OCTOBER 14:  Queen Elizabeth II attends the opening ceremony of the sixth session of the Senedd at The Senedd on October 14, 2021 in Cardiff, Wales.  (Photo by  Jacob King-WPA Pool/Getty Images)
(Foto: Jacob King-WPA Pool/Getty Images) Ratu Elizabeth II Positif COVID-19
Jakarta -

Ratu Elizabeth II jadi salah satu tokoh dunia yang kini turut terpapar COVID-19. Kondisi kesehatan sang Ratu Inggris dikabarkan oleh pihak Buckingham Palace pada Minggu (20/2/2022).

Dikutip dari CNN, Ratu Elizabeth II sebelumnya mengalami gejala COVID-19. Meski terpapar virus Corona, pihak Kerajaan Inggris meyakinkan bahwa dia tetap bisa melakukan kegiatan resmi kerajaan di Windsor sepanjang pekan ini.

"Dia akan lanjut menerima perawatan medis dan menjalankan protokol kesehatan sesuai aturan," kata perwakilan dari pihak Buckingham Palace.

Ratu Elizabeth II sudah mendapatkan vaksinasi lengkap sebelum dikonfirmasi terpapar COVID-19. Wanita berusia 95 tahun itu sudah menerima vaksinasi pertamanya pada Januari 2021 bersama dengan mendiang Pangeran Philip. Namun keterangan mengenai vaksinasi kedua ditutupi pihak kerajaan.

Tidak hanya Ratu Elizabeth II yang dinyatakan positif COVID-19. Beberapa pegawai di Windsor juga didiagnosa dengan penyakit yang sama. Namun tidak diberitahukan secara detail siapa saja dari anggota staf yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Sejak tahun lalu, kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II amat diperhatikan pihak kerajaan dan juga jadi pusat perhatian masyarakat. Beberapa kali dia tidak tampak hadir dalam acara-acara resmi publik hingga meginap di rumah sakit karena alasan yang tidak diberitahukan secara jelas.

Sebelumnya Pangeran Charles juga dikonfirmasi positif COVID-19 disusul dengan kabar Camilla juga terpapar. Ratu Elizabeth II disebut-sebut sempat bertemu dengan sang putra sebelum akhirnya terpapar COVID-19 juga namun lagi-lagi pihak kerajaan tidak memberikan penjelasan mendetail mengenai pertemuan itu.

Belum lama ini Ratu Elizabeth II merayakan tahun ke-70 dirinya naik tahta. Dengan kabar dirinya positif COVID-19 ini, dipastikan dalam beberapa waktu ke depan sang Ratu tidak akan dapat menghadiri acara-acara resmi kerajaan yang sifatnya terbuka dan mengharuskannya bertemu dengan banyak orang.

(aay/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT