ADVERTISEMENT

Dorce Gamalama Meninggal karena COVID-19, Sahabat: Aib Beliau Ditutup

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 17 Feb 2022 12:46 WIB
Sejumlah petugas memakamkan jenazah Dorce Gamalama di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022). Pemakaman tersebut menggunakan prokes COVID-19.
Dorce Gamalama meninggal karena COVID-19, sahabat anggap ini kuasa Tuhan menutup aib dan sejarah Dorce Gamalama.Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Semua manusia bisa berencana, tapi Allah SWT yang punya kuasa. Itulah yang terjadi pada mendiang Dorce Gamalama.

Saat dirinya sudah mempersiapkan segala sesuatu kelak meninggal dunia, Dorce Gamalama justru pergi untuk selamanya dalam kondisi COVID-19. Belakangan dirinya juga jadi sorotan lantaran keinginannya dimakamkan sebagai perempuan saat meninggal.

Sempat tuai kontroversi, Dorce Gamalama sebelum meninggal mengaku ikhlas dimakamkan sebagai perempuan ataupun laki-laki. Dia pun sudah memberikan wasiat kepada anak-anaknya dan diputuskan dimakamkan sebagai laki-laki.

Sahabat Dorce Gamalama, Hetty Soendjaya bahagia Tuhan memberikan cara terbaiknya untuk Dorce Gamalama.

"Allah punya kuasa, rencana baik buat beliau. Benar-benar aib beliau, sejarah beliau tuh ditutup. Tidak ada lagi yang mau bicara apa," ungkap Hetty Soendjaya di lokasi pemakaman Dorce Gamalama, Bambu Apus, Jakarta Timur.

Di saat artis multitalenta itu berpulang, tidak ada satu keluarga yang bisa melihat proses pemandian jenazah. Semua dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan.

"Kami juga nggak tahu, anaknya pun nggak tahu. Dia dimandikan atau tidak kami nggak tahu. Kan kalau COVID itu langsung di-wrapping dengan protokol. Jadi tahu-tahunya sudah rapi dari rumah sakit," tuturnya.

"Sebetulnya beliau juga tahu siapa diri dia sebenarnya. Tapi kenapa sih mesti diungkapkan, mungkin begitu kan. Ya akhirnya psikisnya kena, terus drop," tambah Hetty Soendjaya.

Anak-anak angkatnya saat melepas kepergian Dorce Gamalama mengungkapkan wasiat terakhir sang artis. Dorce memberikan keputusan pada anak-anaknya untuk proses pemakamannya.

Dorce Gamalama disalatkan dan di atas batu nisannya tertulis Deddy Yuliardi yang merupakan nama asli Dorce Gamalama.

"Jadi Mama sudah menyerahkan kepada kita anak-anak jikalau terjadi seperti ini mamah nyerahin ke kita memutuskan untuk sesuai dengan lahirnya Mama," kata Fatimah, salah satu anak angkat Dorce Gamalama.

Dorce Gamalama meninggal dunia setelah hampir 3 minggu koma. Dalam kondisi tak sadarkan diri, Dorce Gamalama dinyatakan terpapar COVID-19 dan dipindahkan ke rumah sakit khusus Corona. Akhirnya pada 16 Februari 2022, Dorce Gamalama meninggal dunia.

Simak Video 'Kepergian Dorce Gamalama yang Menyisakan Duka Mendalam':

[Gambas:Video 20detik]



(pus/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT