ADVERTISEMENT

Derry Sulaiman Bela Oki Setiana Dewi soal Ceramah KDRT

Dicky Ardian - detikHot
Selasa, 08 Feb 2022 12:19 WIB
Gaya Hijab Oki Setiana Dewi.
Oki Setiana Dewi Foto: Dok. Instagram @okisetianadewi.
Jakarta -

Pekan lalu, Oki Setiana Dewi dikecam banyak orang karena potongan ceramahnya. Di sebuah video beredar, kakak Ria Ricis itu seakan menormalkan tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Sebelumnya ada potongan video Oki Setiana Dewi ketika sedang ceramah tiga tahun lalu ramai beredar. Dalam video tersebut, Oki Setiana Dewi membahas soal kekerasan dalam rumah tangga. Berikut ini kutipannya:

Ada sebuah kisah nyata di Jeddah. Suami istri lagi bertengkar, suaminya marah luar biasa pada sang istri dipukullah wajah istri. Kemudian istrinya menangis, tiba-tiba terdengar bel pintu rumah berbunyi. Ketika istrinya membuka dalam keadaan sembab matanya, ternyata ibunya sang istri. Suaminya dari kejauhan deg-degan, ya Allah istriku ini pasti ngadu sama mertuaku ini bahwa tadi baru dipukul.

Orang tuanya tanya pada si perempuan ini, 'Anakku kenapa kok kamu menangis matanya sembab begitu kenapa?' Istrinya mengatakan, 'Ibu Ayah ya Allah aku tadi berdoa sama Allah. Aku rindu sama Ibu sama Ayah karena sudah lama nggak ketemu. Aku menangis karena rindu sama Ibu sama Ayah eh tahunya Allah langsung menjawab doa aku. Aku semakin terharu jadi aku menangis aku rindu sama Ibu sama Bapak, bahagia bisa ketemu sama Ibu sama Bapak.'

Suaminya dari kejauhan, 'Ya Allah ini istri.' Padahal bisa loh istrinya ngadu sama orang tuanya itu. Aku baru dipukul, ada KDRT, kekerasan dalam rumah tangga.

Ustaz Derry Sulaiman ikut berkomentar mengenai isu itu. Ia menilai isi ceramah Oki Setiana Dewi tidak ada yang salah.

"Boleh pukul istri? Dalam Islam boleh tapi bukan di wajah. Orang yang diceritakan ustazah Oki Setiana Dewi adalah laki-laki jahat dan zalim ke istrinya, kurang ajar dan pukul istrinya," kata Ustaz Derry Sulaiman dalam video yang diunggah di Instagram belum lama ini.

"Tapi istrinya adalah istri yang solehah, wanita mulia yang senantiasa menutupi aib suaminya di hadapan orangtuanya," sambungnya lagi.

Ustaz Derry Sulaiman menyebut yang menjadi fokus di kisah itu bukan soal KDRT, tapi mengenai bagaimana istri menutupi aib suaminya sendiri.

"Ustazah Oki bukan membela KDRT, laki-laki jahat itu. Beliau sedang bercerita tentang wanita soleha yang sangat mulia akhlaknya meskipun suaminya kayak firaun jahatnya, tapi beliau tetap menutupi kejahatan suaminya," ucap Ustaz Derry Sulaiman.

"Ini pelajaran bagi kita semua. Wanita yang menjelek-jelekkan suami di hadapan orangtua kalian, itu berarti dia sedang mengajarkan untuk membenci suami kalian. Ini pelajarannya bukan bully saja, atau caci maki, belajar melihat kebaikan," imbuhnya.

[Gambas:Instagram]



(dar/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT