Ustaz Zacky Mirza: Sudah Dinasihati, Biarkan Dorce Ambil Kesimpulan

Desi Puspasari - detikHot
Selasa, 01 Feb 2022 12:35 WIB
Ini Momen Dorce Gamalama Saat Makan Sate Bareng Raffi Ahmad
Dorce Gamalama Foto: Instagram
Jakarta -

Keinginan Dorce Gamalama dimakamkan sebagai perempuan menuai kontroversi. Para ulama seperti Ketua MUI Cholil Nafis, Gus Miftah hingga Buya Yahya sudah memberikan nasihat dan pandangan tentang keinginan Dorce.

Dorce Gamalama pun sudah memberikan balasan. Presenter dan penyanyi multitalenta itu mengatakan kelak biarkan keluarganya yang akan mengurus.

Dorce juga menyampaikan dirinya ikhlas mau perempuan atau laki-laki yang kelak mengurus jenazahnya. Melihat kontroversi ini, Ustaz Zacky Mirza bersyukur banyak ulama yang peduli dengan masalah ini.

"Satu sisi saya melihat alhamdulillah masalah ini masih begitu banyak dipedulikan oleh para ulama, oleh para ustaz, kiai, para ahli fiqih. Artinya kita memang pada sesama muslim ini harus salin menasehati. Bagaimana yang Allah firmankan surat An Nahl ayat 125: Ud'u ilaa sabiili rabbika bialhikmati waalmaw'izhati al hasanati wa jaadilhum biallatii hiya ahsanu inna rabbaka huwa a'lamu biman dholla 'an sabilihi wahuwa a'lamu bilmuhtadiin," ucap Ustaz Zacky Mirza dalam video yang diterima detikcom.

Dalam hal ini, Ustaz Zacky Mirza mengingatkan pentingnya memberikan nasihat dengan penuh hikmah, cinta, dan kasih sayang. Termasuk juga dengan pemilihan kata yang bijak dan lembut.

"Nah, semua itu saya rasa sudah disampaikan oleh para kiai, para ustaz, bagaimana kajian fiqih, bagaimana ilmu fiqih memandang yang diwasiatkan (Dorce). Semua memberikan pandangan dalam hukum fiqih, dan semua ulama sepakat seorang muslim ketika meninggal maka prosesinya harus dikembalikan kepada kodrat aslinya," tutur Ustaz Zacky Mirza.

Ustaz Zacky MirzaUstaz Zacky Mirza Foto: dok. Pribadi

Dalam hal ini Ustaz Zacky Mirza melihat dari sisi sang pembuat wasiat. Apabila semua nasihat sudah diberikan, tinggal menunggu bagaimana sikap Dorce.

"Kita harus berpikir bahwa ketika nasihat sudah disampaikan dengan penuh kelembutan, kasih sayang, tinggal semua kembali pada yang bersangkutan. Dengan umur yang sudah sekian, kehidupan sudah beliau alami, jadi saya pribadi pada akhirnya biarkan beliau yang mengambil kesimpulannya, beliau yang mengambil kategori hukumnya seperti apa, kita hanya bisa mendoakan," ungkapnya.

"Mudah-mudahan apa pun yang beliau pahami, apa pun yang beliau mengerti dari sisi hukum yang sudah kita sampaikan biarkan itu menjadi tanggung jawab beliau pribadi di mata Allah SWT. Karena Allah itu pasti zat yang maha tahu atas segala apa yang dilakukan, diputuskan oleh hamba-hambanya," tukas Ustaz Zacky Mirza.

Ustaz Zacky Mirza juga berharap Dorce dalam hal ini bisa sangat terbuka menerima nasihat dari para ulama dan menanggapinya dengan bijaksana.

"Kita doakan mudah-mudahan semoga sehat, panjang umur, bisa menanggapinya dengan kebijakan juga apa yang sudah dinasihati dari para ulama dan ahli fiqih," harap Ustaz Zacky Mirza.

[Gambas:Instagram]




(pus/dar)