ADVERTISEMENT

Aliando Syarief OCD, Dengar Bisikan hingga Ilusi Aneh

Desi Puspasari - detikHot
Jumat, 28 Jan 2022 13:21 WIB
Aliando Syarief saat tampil di kawasan Daan Mogot
Aliando Syarief ceritakan efek ketika didiagnosa idap penyakit OCD. Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Aliando Syarief mengungkap dirinya didiagnosa idap penyakit OCD. Dia sengaja live di Instagram untuk memberikan kabar dirinya yang 2 tahun ini tengah berjuang sembuh.

Live Instagram menjadi cara Aliando untuk mengabarkan kondisinya saat ini. Aliando pun memilih untuk tetap di rumah dan melakukan terapi serta aktivitas lainnya.

Penyakit OCD atau obsessive compulsive disorder memberikan efek untuk Aliando Syarief. Salah satu yang dia rasakan adalah tubuh kurus dan muncul imajinasi-imajinasi aneh serta berbahaya.

"Efek OCD jadi bikin kurus? Iya. Gue jadi susah makan, susah untuk bergerak, untuk menyuap aja harus berpikir. Alhamdulillah tetap bersyukur masih dikasih kekuatan mental kuat. Kalau gue tetap fight, kita tetap harus bersyukur apa yang sudah kita jalani," ucap Alindo saat live di Instagram pribadinya.

Aliando menceritakan ketika dirinya kehilangan nafsu makan dan stres. Dia juga mengaku sangat sulit melakukan sesuatu, salah satunya mandi.

"Nafsu makan nggak ada, terlalu stres, frustrasi, depresi dengan hal tersebut. Pikiran negatifnya masuk ke situ semua. OCD ekstrem, ini mau mandi aja ribet kadang. Mau makan tuh susah. Bisa punya imajinasi dan ilusi aneh-aneh. Kadang ya gitu," tutur Aliando.

Bintang film dan sinetron itu bukan kali pertama mengalami OCD. Saat duduk di kelas 2 SD dirinya juga pernah mengalami hal serupa.

Sekarang saat dirinya menginjak usia 25 tahun, OCD kembali menyerang tubuhnya. Aliando menceritakan imajinasi dan ilusi yang dialami sudah masuk dalam unsur sadis. Oleh karena itu, Aliando memilih untuk tetap di rumah saja.

"Makanya gue nggak bisa tidur, kalau posisi nggak benar seolah-olah gue menginginkan hal tersebut. OCD sama bipolar beda. OCD ada anxiety, bipolar juga, bisa jadi overthinking, critical thinking. OCD gue ini menarik gue ke hal-hal negatif," tuturnya.

Aliando juga menceritakan awal mula dirinya mulai merasa ada yang tidak beres.

"Ke-twist tiba-tiba. Jadi siluet semua, imunnya turun, lalu mulai punya suara di (dalam) pikiran," jelas Aliando Syarief.



Simak Video "Keinginan Aliando Syarief untuk Bisa Sembuh dari OCD"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT