Kondisi Nia Ramadhani Rapuh Usai Divonis 1 Tahun Bui

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 21 Jan 2022 16:37 WIB
Nia Ramadhani
Sahabat ceritanakan kondisi Nia Ramadhani usai divonis 1 tahun penjara. Foto: Palevi/detikhot
Jakarta -

Theresa Wienathan menceritakan kondisi Nia Ramadhani usai divonis 1 tahun penjara. Kondisi Nia Ramadhani disebut menurun.

Tak ada yang menyangka vonis majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat kepada Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sangat jauh dari harapan. JPU menuntut 12 bulan rehabilitasi, hakim justru memvonis Nia Ramadhani, Ardi Bakrie, dan Zen Vivanto masing-masing satu tahun penjara.

"Aku nggak bisa ngomong pasti (apa yang dirasakan Nia Ramadhani). Terakhir setelah tahu abis putusan dia sangat down. Aku dengar dari pihak rehab kalau disuruh makan, 'Iya ntar saja, nggak lapar,' nangis. Kita juga nggak tega ya lihatnya," ungkap Theresa Wienathan dalam tayangan Rumpi: No Secret, Jumat (21/1/2022).

Apa yang dikatakan Theresa Wienathan diamini oleh Direktur Program Balai Rehabilitasi Fan Campus, Hendra Haeruman. Hendra Haeruman yang juga menjadi pembimbing konseling tempat Nia Ramadhani rehabilitasi awalnya melihat sudah ada perbaikan sikap.

Selama 6 bulan rehabilitasi, Nia Ramadhani cs memperlihatkan kondisi yang lebih baik.

"(Setelah 6 bulan rehab) Jauh lebih baik. Itu tentunya tidak lepas dari usaha kerasa andil Mba Nia, Mas Ardi sendiri," kata Hendra Haeruman.

"Ada perbaikan-perbaikan yang dilakukan antara mereka. Ada pola komunikasi yang jauh lebih baik," sambungnya.

Hendra Haeruman menjelaskan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie menjalani rehabilitasi berdasar rujukan dari Polres Jakarta Pusat. Itu juga mendapat rujukan dari hasil asesmen yang dilakukan Nia Ramadhani cs.

"Mba Nia dan Mas Ardi menjalani rehabilitasi ada surat rujukan dari Polres Jakarta Pusat ada dasarnya asesmen BNN. Ada rujukan, baru ada asesmen, rujukan asesmennya itu hasilnya 6 bulan," jelasnya Hendra.

"Kondisi pertama kali waktu masuk ke tempat kami (Nia Ramadhani cs terlihat) lelah. Mereka kan ditangkap tanggal 7 (Juli 2021) masuk ke kami tanggal 10 (Juli 2021). Kami memberikan kesempatan untuk bisa istirahat baru kita lakukan asesmen lagi," sambungnya menceritakan kondisi Nia Ramadhani cs saat awal mula menjalani rehabilitasi.

Pada awal menjalani rehabilitasi di Fan Campus, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie memang belum bisa dijenguk. Akan tetapi, seiring berjalannya proses, kini mereka sudah bisa dijenguk sesuai dengan jadwal dan izin dari pihak rehabilitasi.

"Mungkin untuk diawal-awal belum bisa dikunjungi. Secara bertahap bisa dikunjungi apalagi ini (mereka) orang tua (punya anak)," jelas Hendra.



Simak Video "Komentar PKB Atas Vonis Setahun Penjara Nia Ramadhani- Ardi Bakrie"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)