5 Fakta Sandiah 'Ibu Kasur'

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 16 Jan 2022 13:38 WIB
Google Doodle Ibu Kasur
5 fakta Sandiah 'Ibu Kasur' yang hari ini ulang tahun dan jadi Google Doddle. Foto: Google
Jakarta -

Hari ini Google Doodle merayakan ulang tahun Ibu Kasur. Ia dikenal sebagai pendidik dan juga tokoh inspiratif di dunia anak-anak.

Berikut adalah 5 fakta Ibu Kasur:

1. Nama Lengkap

Ibu Kasur mempunyai nama lengkap Sandiah. Dia lahir pada 16 Januari 1926.

Sandiah justru lebih dikenal dengan sapaan Ibu Kasur. Panggilan Ibu Kasur sebenarnya berawal dari suaminya, Soerjono, yang kerap disapa Kak Soer yang kemudian dipanggil Pak Kasur.

Ibu Kasur meninggal dunia pada 22 Oktober 2002.

2. Berperan di Dunia Pendidikan

Pertemuan Sandiah dengan suaminya, Pak Kasur, ketika bergabung dengan Pramuka Indonesia. Ibu Kasur dan Pak Kasur membuat dan membuka sekolah bernama TK Mini di rumah mereka pada 1965.

Beberapa tokoh ternama menjadi alumni TK Mini, seperti Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman, dan Ateng.

3. Pencipta Lagu Anak

Ibu Kasur juga dikenal dengan lagu anak-anak yang dia ciptakan. Sampai saat ini, lagu anak-anak yang diciptakan Ibu Kasur masih terus diperdengarkan.

Beberapa judul lagu anak-anak yang diciptakan Ibu Kasur, yakni Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi. Setidaknya ada ratusan judul lagu yang sudah diciptakan Ibu Kasur dan Pak Kasur.

4. Pembawa Acara Program Anak Bareng Pak Kasur

Ibu Kasur dan suaminya menjadi tokoh pendidikan dan mempunyai banyak cara untuk memberikan pendidikan kepada anak Indonesia. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah membuat program pendidikan di media.

Bersama Pak Kasur, ia menjadi pembawa acara Taman Indria di TVRI. Ibu Kasur di tahun 90-an juga tampil di kuis Hip Hip Ceria di RCTI.

Ibu Kasur juga menjadi pembawa acara program anak-anak di Radio Republik Indonesia dan sebagai ketua Yayasan Setia Balita.

5. Penghargaan Ibu Kasur

Sejumlah penghargaan juga didapatkan oleh Ibu Kasur. Beberapa penghargaan untuk Ibu Kasur, yaitu Bintang Budaya Para Dharma pada 1992, penghargaan dari Presiden dalam rangka Hari Anak Nasional pada 1988, dan Centro Culture Italiano Premio Adelaide Ristori Anno II dari Pemerintah Italia pada 1976.



Simak Video "Hari Bumi, Google Doodle Tampilkan Dampak Perubahan Iklim"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)