Tukul Arwana Jalani Fisioterapi Usai Perdarahan Otak

Hanif Hawari - detikHot
Rabu, 12 Jan 2022 13:38 WIB
Kondisi terkini Tukul Arwana
Tukul Arwana Jalani Fisioterapi Usai Perdarahan Otak. (Foto: Tangapan Layar Streaming)
Jakarta -

Tukul Arwana sedang berjuang sembuh usai mengalami perdarahan otak. Kini, ia pun rutin menjalani fisioterapi.

Hal itu diungkapkan oleh manajer Tukul Arwana, Rizki Kimon. Semenjak menjalani terapi itu, progres Tukul Arwana semakin terlihat baik.

"Update Mas Tukul untuk saat ini alhamdulillah berangsur-angsur membaik. Jadi, memang berkat fisioterapi yang kami jalankan setiap hari, terus di klinik yang seminggu tiga kali kami jalani, alhamdulillah itu berpengaruh. Sangat berpengaruh untuk pemulihan Mas Tukul," ujar Rizki Kimon saat ditemui di Jakarta Selatan.

Tukul Arwana sudah satu bulan menjalani fisioterapi. Kini ia sudah bisa mengunyah makanan seperti biasanya.

"Progresnya saat ini sudah mulai mengunyah lebih. Maksudnya kemarin-kemarin itu mengunyah buah-buahan yang lunak, pokoknya yang lunak. Sekarang beliau sudah bisa makan secara mandiri pakai nasi sayur, jadi tidak usah diblender lagi, pakai selang, tetapi beliau sudah mengunyah," tutur Rizki Kimon.

Tak hanya itu, Tukul Arwana juga sudah bisa banyak bergerak. Ia bahkan bisa berdiri sendiri dengan kekuatannya.

"Iya beliau kalau dulu kan agak susah berdiri. Beliau sekarang bisa berdiri dalam arti ada kekuatan berdiri dan berdiri tidak seberat dulu," ungkap Rizki Kimon.

"Untuk berjalan masih belum terlalu optimal dan untuk makan sedikit-sedikit walau masih dibantu dengan selang," imbuhnya.

Fisioterapi yang dijalani Tukul Arwana adalah terapi robotik. Terapi tersebut sangat membantu pemulihan Tukul Arwana dengan cepat.

"Itu sebenarnya olahraga bagian terapi dari klinik. Jadi itu memang disebutnya fisioterapi, terapi robotik. Jadi memang dibantu oleh robot, ada lagi yang tangan itu juga sistem robotik juga sih. Jadi, sistem robotik membantu Mas Tukul pemulihannya lebih cepat," tukas Rizki Kimon.

(hnh/mau)