Round Up

Perjalanan Berliku Kasus Narkoba Nia Ramadhani

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 11 Jan 2022 22:04 WIB
Sidang Nia Ramadhani berlangsung hari ini di PN Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya. Dia dan suaminya menjalani sidang putusan terkait kasus narkoba.
Foto: Palevi/detikhot
Jakarta -

Nia Ramadhani ditangkap karena narkoba bersama sang suami, Ardi Bakrie. Mereka dinyatakan positif mengkonsumsi sabu bersama sopirnya.

Penangkapan keduanya kala itu menjadi sorotan karena dianggap berbeda. Tak ada sosok Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie saat pihak kepolisian memberikan penjelasan, tak seperti kasus-kasus narkoba lain.

Saat menjalani rehabilitasi, Ardi Bakrie pun sempat dikabarkan mengalami cedera. Kala itu kabar yang beredar ia mencoba kabur dari panti rehabilitasi lalu mengalami kecelakaan.

Saat itu sang pengacara, Wa Ode Nur Zaenab, menegaskan kabar tersebut hoax. Ardi Bakrie disebut mengalami cedera saat tengah berlatih kick boxing di tempat rehab.

"Infonya tidak benar. Yang benar Pak Ardi jatuh saat latihan kick boxing di tempat rehab. Saat latihan ditemani terapisnya," ujar Wa Ode kepada detikcom saat dihubungi.

"Pada sekitar ba'da salat Ashar, Bapak Ardi melakukan olahraga kick boxing di panti rehab. Pada waktu kurang lebih jam 16.10 WIB, saat sedang melakukan gerakan tendangan, Bapak Ardi terpeleset jatuh dan kepalanya membentur lantai," tuturnya.

Drama kasus narkoba Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie tak berhenti sampai di sana. Saat menjalani sidang pada Desember 2021, keduanya pernah terlambat dua jam. Mereka tiba pukul 11.49 WIB padahal sidang mereka diagendakan pada pukul 10.00 WIB.

Salah seorang dari Jaksa Penuntut Umum Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie memberikan penjelasan mengenai ketelatan tersebut. Ia meminta maaf karena kliennya dalam keadaan kurang sehat.

"Mohon maaf yang sebesar-besarnya karena informasi dari pagi terdakwa dalam keadaan kurang sehat. Jadi diturunkan tim dokter kemudian rekomendasi dokter bisa sidang," jawabnya.

Kini, hakim pun telah menjatuhkan vonisnya. Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani dan sopirnya divonis satu tahun penjara. Hakim menilai terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika.

"Menimbang oleh karena terdakwa terbukti melakukan tindak pidana narkotika maka menurut majelis hakim pidana yang terdakwa adalah pidana penjara," ujar majelis hakim dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (11/1/2022).

Hal yang memberatkan adalah Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie adalah public figure. Mereka dinilai tidak mencontohkan hal yang baik kepada masyarakat.

"Hal yang meringankan belum pernah dihukum dan berjanji tidak akan mengulangi lagi," tutur majelis hakim.



Simak Video "Kuasa Hukum Nia Ramadhani: Ini Orang Sakit, Wajib Direhabilitasi"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dar)