Ashanty Positif COVID-19 Usai dari Turki, Ini Kronologi Kemenkes

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Sabtu, 08 Jan 2022 11:45 WIB
Ashanty kulineran di Cappadocia
Ashanty untuk kedua kalinya positif COVID-19. Foto: Instagram @ashanty_Ash
Jakarta -

Pihak Kemenkes angkat bicara terkait Ashanty terpapar COVID-19. Hal itu disampaikan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi.

Awalnya Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan ada 15 orang terpapar COVID-19 yakni penumpang pesawat perjalanan luar negeri tepatnya dari Turki. Penerbangan itu dengan kode T056.

"Dari 15 tersebut, ada kalau kita lihat ada satu rombongan besar ya, enam orang positif. Mengenai apakah betul itu Ashanty atau tidak, bisa dikonfirmasi kepada yang bersangkutan," kata Siti Nadia Tarmizi, di kantornya kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Kita mendapatkan dari keluarga besar yang melakukan perjalanan itu 8 orang positif. Dimana 6 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. Tapi dari delapan orang yang melakukan perjalanan itu hasilnya positif," lanjutnya.

Delapan orang itu inisialnya diungkapkan Siti Nadia adalah V, JC, RAS, S, SH, KTS, AHH, dan MTH. Inisial AHH dan MTH adalah laki-laki, sisanya adalah perempuan.

"Ada kita sampaikan ya, mohon maaf saya lihat ada perempuan inisial V, JC, RAS, S, SH, KTS. Dan 2 pria AHH, MTH positif COVID-19," paparnya.

Mereka juga belum mengetahui apakah Ashanty terpapar varian Omicron atau tidak. Hal tersebut belum bisa dipastikan, karena hasil tes belum keluar.

"Untuk saat ini statusnya positif COVID-19. Jadi mereka menunggu pemeriksaan tes ITF dan pemeriksaan genosekuensi, untuk memastikan mereka terpapar Omicron atau tidak," pungkasnya.

Saat ini, Ashanty dibawa ke rumah sakit dan memisahkan diri dari keluarganya yang sedang menjalani karantina mandiri di hotel.

Perjalanan ke Turki kali ini disebut Ashanty merupakan sebuah momen penting buat keluarganya. Di sana terjadi pertemuan dua keluarga besar yang sempat terpisah karena pandemi. Sayangnya ketika kembali ke Tanah Air, tes PCR Ashanty menunjukkan hasil positif.

Ashanty menjelaskan soal dirinya yang positif terpapar virus Corona. Sebelum pulang ke Indonesia, dia sudah melakukan tes PCR sebanyak dua kali di Istanbul. Kedua tes itu keluar dengan hasil negatif sehingga dia pun bisa terbang ke Indonesia.

Ketika mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, istri Anang Hermansyah itu kembali melakukan tes. Di situlah kemudian hasil tesnya menunjukkan positif.



Simak Video "Dihujat Netizen Liburan dari Turki, Ashanty: Itu Proses Kehidupan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)