Wikipedia Indonesia Tulis Influencer Asdos Perlu Tanggung Jawab, Buat Natya Shina?

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 08 Jan 2022 08:07 WIB
Natya Shina
(Foto: Instagram) Akun Wikipedia Indonesia mendadak nge-tweet soal influencer, asisten dosen, dan tanggung jawab. Netizen bereaksi.
Jakarta -

Ramai dibahas pernyataan selebgram dan influencer Natya Shina usai salah satu mahasiswa Unpar memintanya jadi joki UAS. Natya Shina menanggapi hal itu dengan serius sampai-sampai ingin melapor ke dosen kampusnya dulu.

Tak hanya itu, Natya Shina juga mengutarakan perasaannya menerima DM Instagram itu. Dia merasa malu karena almamater kampusnya melakukan hal tersebut.

Begini kronologi Natya Shina diminta jadi joki UAS oleh follower-nya. Salah satu akun Instagram mengirim DM ke Natya Shina, memintanya untuk mengerjakan UAS mata kuliah PIHI (Pengantar Ilmu Hubungan Internasional). Akun itu mengaku kesulitan mengerjakan mata kuliah yang disebutkan.

"Sebagai alumni HI Unpar aku malu. Se-gak bisa gak bisanya temen-temen aku dulu (bahkan yang nakal-nakal dan suka bolos) dia bakal minta diajarin pas UAS, dan kita bakal belajar bareng sampe pagi di kafe dekat kosan yang masih buka. Mending gak bisa jawab, gagal, terus ngulang, daripada berhasil tapi bukan karena usaha sendiri. Berjuang dikit yuk bisa yuk. Perjalanan hidup kamu masih panjang, gimana ngadepin yang lain nanti, ngadepin UAS aja nyerah," tulis Natya Shina.

Di Twitter, tangkapan layar Instagram Stories Natya Shina ramai dibicarakan. Balasan selebgram itu buat DM yang memintanya jadi joki UAS juga tak lepas dari nyinyiran.

Natya Shina dibicarakan hingga trending topic. Hampir semua akun membahas tentangnya.

Di tengah keramaian itu, cuitan akun Wikipedia Indonesia mencuri perhatian. Dia menulis soal influencer yang haruslah punya tanggung jawab.

"Teruntuk influencer, mereka yang punya pengaruh di suatu instansi, mahasiswa lulusan terbaik yang pernah menjadi asisten dosen, maupun kita semua: Kemampuan (atau kekuasaan) luar biasa diiringi dengan tanggung jawab yang luar biasa," tulisnya pada Jumat (7/1/2021) malam seperti dilihat di akun @idwiki.

Netizen seolah mengerti maksud akun tersebut. Tak sedikit dari pengikut akun Wikipedia Indonesia menanggapi cuitan itu.

"Ini adminnya rangkapan sama Lamtur, ya? Gercep banget wkwkwkwk," tulis salah seorang netizen.

"WIKIPEDIA UPDATE BANGET WKWKWKWKWKWKWKKWKKWK," tulis yang lain.



(aay/aay)