Saran Sunan Kalijaga Soal Konflik Keluarga Vanessa Angel dengan Bibi Ardiansyah

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Minggu, 02 Jan 2022 21:04 WIB
Sunan Kalijaga putuskan mundur jadi pengacara Doddy Sudrajat.
Saran Sunan Kalijaga Soal Konflik Keluarga Vanessa Angel dengan Bibi Ardiansyah. (Foto: Instagram Sunan Kalijaga)
Jakarta -

Belum lama ini pengacara Sunan Kalijaga dikabarkan pindah ke kubu keluarga mendiang Bibi Ardiansyah, H Faisal. Namun rupanya ayah Salmafina itu mengaku tak berada di kubu tersebut.

Diketahui saat ini memang tengah heboh dengan permasalahan antara keluarga mendiang Vanessa Angel dengan Bibi Ardiansyah. Kedua belah pihak konflik terkait hak asuh cucu mereka, Gala Sky, sampai asuransi.

"Tidak benar (pindah ke H Faisal). Terserah kalian mau bilang hoax atau apa, yang pasti saya tidak bisa. Sekalipun Pak Haji Faisal dan keluarga yang meminta saya, pasti saya tolak," kata Sunan Kalijaga ditemui di kawasan Kasablanka, Jakarta Selatan.

Sunan juga mengaku jika tindaknya secara tiba-tiba pindah, hal itu tentu melanggar kode etik sebagai advokat.

"Seorang advokat dapat dikenakan sanksi ketika selesai dengan kliennya, lalu berpihak kepada lawan kliennya. Itu sangat tidak beretika. Yang pasti saya tidak akan melakukan itu," ungkapnya.

Sunan juga akui kaget dengan banyak pemberitaan yang menyebut dirinya pindah ke H Faisal. Menurutnya, jika bicara hukum, hal itu adalah pelanggaran.

"Saya juga kaget dengan pemberitaan itu. Ini yang saya khawatirkan. Pemberitaan dari media sosial yang mana mengambil foto saya dan menaikkan berita tanpa sepengetahuan, konfirmasi dan izin saya. Ini kalau bicara hukum, sebenarnya bisa saya laporkan. Ini sudah merugikan dan mencemarkan nama baik saya," tuturnya.

Sementara itu, Sunan juga akui sudah klarifikasi ke kedua belah pihak mengapa mundur dari pihak Doddy Sudrajat. Ia tegaskan punya alasan tersendiri.

"Ketika sesuatu perkara yang kami tangani tidak sesuai dengan hati nurani, maka tidak perlu berlama untuk kami mengambil sikap," katanya.

Sunan juga akui sangat menginginkan agar H Faisal dan Doddy Sudrajat bermediasi. Dia juga menyebut sebaiknya mediasi di luar persidangan secara kekeluargaan.

"Setelah berjumpa dengan Pak Faisal dan Ibu, lalu saya sampaikan ke Pak Doddy. Dia bilang, Bang Sunan itu sudah diagendakan dengan pihak pengadilan bahwa mereka ada jadwal mediasi untuk duduk bersama. Pak Doddy memilih untuk jalur tersebut. Padahal harapan saya, mereka bisa bertemu sebelum masuk ke area mediasi persidangan. Jadi ketika kedua belah pihak mediasi tanpa ada kuasa hukum, mereka bisa bicara dari hati ke hati supaya menemukan titik terang yang baik. Sehingga saat maju ke peradilan tidak ada lagi yang jadi persoalan masing-masing pihak," pungkasnya.

(fbr/mau)