Selamat! Joshua Suherman dan Clairine Clay Resmi Menikah

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 22 Des 2021 17:41 WIB
Joshua Suherman dan Clairine Clay menikah
Foto: dok. Channel YouTube Jojo and Clay
Jakarta -

Joshua Suherman resmi meminang Clairine Clay sore ini. Terlihat prosesi pemberkatan pernikahan mereka hanya dihadiri keluarga terdekat.

Joshua Suherman menggunakan setelan jas abu-abu berpadu hitam terlihat lebih dulu memasuki ruangan dan berdiri di altar pernikahan. Clairine Clay kemudian masuk dengan didampingi oleh sang ayah.

Clairine Clay terlihat anggun menggunakan gaun putih dengan veil panjang. Di tangannya Clairine Clay memegang sebuket bunga berwarna-warni.

Joshua Suherman dan Clairine Clay tampak saling menggenggam tangan mendengarkan pendeta yang akan membimbing prosesi pernikahan mereka dilihat dalam live streaming di channel YouTube Jojo and Clay.

Di awal prosesi seluruh jamaah termasuk Joshua Suherman dan khusyuk mendengarkan nyanyian rohani berjudul 'Kupercaya Janjimu'. Pemberkatan nikah Joshua Suherman dan Clairine Clay dipimpin oleh Pastur Ivan Tanudjaja.

"Hari ini Joshua Suherman mengikat suatu perjanjian bersama Clairine, saya percaya firman Tuhan yang mengatakan bukan cuma keluarga dan jamaah yang menjadi saksi. Tapi Tuhan Yesus menjadi saksi untuk mereka berdua," kata Pastur Ivan Tanudjaja.

"Joshua dan Clairine jadikan Tuhan sebagai dasar pernikahanmu," sambungnya.

Joshua dan Clairine mendengarkan nasihat pernikahan dari Pastur Ivan Tanudjaja. Pastur meminta Clairine dan Joshua bergandengan tangan.

"Hari ini Tuhan mempersatukan mereka dalam suatu perjanjian dalam perkawinan yang kudus. Hari ini Joshua diurapi menjadi suami yang kudus. Clairine diurapi istri yang kudus, kami percaya mereka membangun rumah tangga di atas dasar yang teguh, atas nama Yesus. Apa yang dipersatukan Tuhan tak bisa diceraikan tak bisa dipisahkan oleh apa pun," ucap Pastur Ivan Tanudjaja.

Sebelum pemberkatan Joshua dan Clairine Clay mengungkapkan untaian kalimat indah. Keduanya terlihat menangis terharu membaca untaian kalimat yang mereka ucap.

"Dalam nama Bapak, Putra, dan Roh Kudus. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus sore hari ini di hadapan Tuhan, di hadapan jemaat yang kudus, aku bernama Joshua Suherman sore hari ini aku menerima engkau, Clairine Christabel sebagai istriku. Sebagai seorang suami, sore hari ini aku berjanji akan selalu menjaga kekudusan, aku akan selalu setia, aku akan selalu mengasihi istriku sama seperti Kristus mengasihi jemaatnya. Sebagai seorang suami aku berjanji akau akan selalu menjaga kasih yang semula sesuai dengan firman sebagaimana cincin adalah suatu lingkaran yang tidak ada ujung pangkalnya. Suatu lambang kasih yang tidak ada putus-putusnya, hari ini aku berjanji kemanapun aku melangkah, aku akan mengasihi, satu-satunya wanita di bumi. Kemanaun aku melangkah aku akan ingat satu-satunya istriku di bumi bernama Clairine Christabel," ucap Joshua Suherman dan menyematkan cincin di jemari Clairine.

"Dalam nama Bapak, Putra, dan Roh Kudus. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus sore hari ini di hadapan Tuhan, di hadapan jemaat yang kudus, aku bernama Clairine Christabel sore hari ini aku menerima engkau, Joshua Suherman sebagai suami. Sebagai seorang istri aku berjanji akan selalu menjaga kekudusan, aku akan selalu setia, aku akan selalu hormat dan tunduk kepada suami sama seperti aku hormat dan tunduk kepada Tuhan. Sebagai seorang istri aku berjanji aku akan selalu menjaga kasih yang semula sesuai dengan firman-Mu sebagaimana cincin adalah suatu lingkaran yang tidak ada ujung pangkalnya. Suatu lambang kasih yang tidak ada putus-putusnya. Sore hari ini aku berjanji kemanapun aku melangkah, satu-satunya pria di bumi. Kemanapun aku melangkah aku hanya mengasihi satu-satunya suami di bumi bernama Joshua Suherman," ucap Clairine menyematkan cincin.

"Hamba memberkati pasangan ini dengan nnama Bapak, Putra dan Roh Kudus. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus, hari ini Joshua Suherman dengan Clairine Christabel, Tuhan mengikat mereka dengan suatu perjanjian, ikatan perkawinan yang kudus," penggalan kata Pastur Ivan Tanudjaja.

Setelah sah, Joshua Suherman diperbolehkan membuka veil Clairine Clay. Joshua Suherman dan Clairine Clay langsung melakukan ciuman pernikahan.



Simak Video "Joshua Butuh 3 Tahun hingga Akhirnya Nikahi Clairine Clay"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dal)