ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Jangan Buka Aib Orang yang Sudah Meninggal

Desi Puspasari - detikHot
Selasa, 14 Des 2021 06:00 WIB
Ustaz Zacky Mirza
Ustaz Zacky Mirza tegaskan jangan sampai aib orang yang sudah meninggal diungkit Foto: Mauludi Rismoyo
Jakarta -

Mereka yang sudah meninggal, memang meninggalkan banyak cerita. Tapi, jangan sampai keluar ucapan yang membuka aib atau menjelekkan orang yang sudah meninggal.

Setelah Vanessa Angel meninggal, Doddy Sudrajat, sang ayah kerap memunculkan hal yang kontroversial. Dalam pengakuannya di channel YouTube Gilang Dirga, membuka cerita yang dia sendiri sebut sebagai aib Vanessa Angel.

"Sebenarnya sih aib juga, saya nggak mau bicarakan. Ada sesuatu kan ya, karena accident," kata Doddy Sudrajat soal alasan dirinya memberikan restu Vanessa Angel menikah dengan Bibi di kanal YouTube Adiez Gilang.

Sayang dalam momen tersebut, Doddy Sudrajat menceritakan dengan rinci.

Belum lagi heboh soal pedangdut Tiara Marlen yang menyinggung soal status anak Vanessa Angel. Itu membuat geram banyak pihak.

Menyorot pada masalah itu, Kata Ustaz kali ini akan membahas lebih dalam soal apa yang tak boleh diungkit dari orang yang sudah meninggal.

Dalam hal ini Ustaz Zacky Mirza memberikan penegasan, mereka yang masih hidup tidak boleh sedikitpun menjelekkan atau membuka aib mereka yang sudah meninggal.

Berikut penjelasan Ustaz Zacky Mirza kepada detikcom:

Untuk orang yang sudah meninggal, sebaik-baiknya kita yang masih hidup untuk mereka adalah terus menyebut kebaikan-kebaikannya.

Jadi sedikitpun kita nggak boleh mengungkit kejelekan, membuka aib (mereka yang sudah meninggal).

Sebagaimana yang disabdakan baginda Rasulullah SAW:

"Udzkuru Mahasina Mautakum"

Sebutlah kebaikan-kebaikan orang yang sudah meninggal di antara kalian.

Jadi sekecil apa pun aibnya harus ditutupi. Karena kita sendiri maunya juga seperti itu. Suatu saat kita meninggal dunia sudah tidak ada, justru yang kita tunggu di alam kubur itu adalah kebaikan-kebaikan kita di sepanjang hidup kita yang disebut orang lain.

Itulah kenapa dalam agama Islam kita dianjurkan sebanyak-banyaknya berbuat kebaikan di mana pun, kapan pun, kepada siapa pun.

Makanya baginda Rasulullah SAW beliau bersabda:

"Khoirunnas Anfa'uhum Linnas"

Sebaik-baiknya manusia itu adalah yang paling banyak manfaatnya. Paling banyak kebaikan.



Simak Video "Ustaz Zacky Mirza Kecelakaan, Kaca Mobil Pecah"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT