ADVERTISEMENT

Hot Questions

Tradisi dan Legacy Si Mr. Kurir

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Kamis, 09 Des 2021 16:40 WIB
Aflah Mister Kurir
Fata Aflah si Mr. Kurir bicara soal tradisi dan legacy keluarga besar Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Seperti yang sudah dijelaskan pada dua artikel sebelumnya, tentang akun media sosial Mr. Kurir yang viral dengan jetskinya. Orang di baliknya bernama asli Fata Aflah Muhamd, yang merupakan anak bos JNE, M. Feriadi Soeprapto, sekaligus juga cucu pendiri JNE-TIKI, Soeprapto Soeparno.

Dengan latar belakang keluarga seperti itu, tentu saja Aflah punya tanggung jawab lebih terkait dengan tradisi dan warisan keluarganya. Namun, konteks di dalamnya tidak melulu soal melanjutkan tahta perusahaan, melainkan nilai-nilai yang selama ini dipegang terus oleh keluarga.

"Tanggung jawab gue itu lebih menjaga nama baik keluarga, itu doang. Kalau soal meneruskan JNE, Insyaallah saja. Orang tua nggak pernah mewajibkan untuk melanjutkan. Justru tradisi yang wajib dilakukan itu adalah menyantuni anak yatim. Itu dari kakek yang selalu ingetin untuk jangan lupa kasih ke anak yatim," tutur Aflah kepada detikHOT saat ditemui di kediamannya di Kawasan Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Barat.

Sadar atas privilese yang dimilikinya hari ini, Aflah memiliki pandanganya sendiri. Bagi dia, legacy yang dibangun sejak dulu oleh kakeknya itu, adalah titipan dari Tuhan Yang Maha Esa untuk keluarga. Tidak perlu untuk dipamerkan.

"Gue bukan pamer harta, itu gue sarkas, gue nyindir mereka. Buat apa lo pamer-pamer gitu? Gue juga punya tapi nggak harus dipamerin. Itu (harta) cuma titipan doang. Buat apa sih," Aflah menjawab dengan serius.

Saat ini, Aflah sedang menempuh pendidikan di salah satu universitas internasional di Jakarta, mengambil jurusan International Business. Meskipun tidak ada tuntutan yang memberatkan dari orang tuanya, justru dia ingin membuktikan bahwa dia tidak mengecewakan.

"Gue mau jadi mahasiswa terbaik di kampus. Gue nggak pintar sih, tapi rajinlah," katanya sembari tertawa.

Aflah Mister KurirAflah si Mr.Kurir Foto: Muhammad Ridho

Hari ini, pemuda 18 tahun itu semakin dikenal baik oleh banyak orang. Viral dirinyanya di media sosial, pun statusnya sebagai keluarga pendiri JNE dan TIKI. Sayangnya, tidak serta merta menyenangkan, karena banyak orang yang secara sengaja memanfaatkannya untuk urusan uang.

"Ya banyak yang manfaatin, ada yang minjem duit nggak dibalikin. Banyak juga yang minta uang di sosmed, minta lowongan kerja. Ada yang minta traktir juga. Nggak ada yang gue bales sih."

Dokumentasi pribadi Fata Aflah saat berada di kawasan Kepulauan Seribu.Dokumentasi pribadi Fata Aflah saat berada di kawasan Kepulauan Seribu. Foto: Dok. Pribadi

"Gue itu malesnya kalau orang sudah tahu gue, pasti diomongin. Kaya gue lagi jalan di mall, nanti orang ngeliatin, terus mereka komentar di sosmed, kasih tahu kalau tadi ngeliat gue, dan lain-lain. Gue risih di situ. Karena gue bikin konten juga cuma untuk iseng-iseng kan, beda cerita kalau gue emang serius di situ (kreator konten)," sambungya.

Dari cerita itu, apakah sekarang Aflah merasa dirinya sudah memiliki penggemar?

"Nggaklah, gue nggak merasa diri gue selebriti dan nggak merasa gue terkenal. Gue tidak menganggap diri gue begitu," tandas Aflah.



Simak Video "Pemilik Lahan Sesalkan Cara JNE Kubur Beras Bansos di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(mif/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT