ADVERTISEMENT

Rachel Vennya Wajib Hadiri Sidang Besok, Bisa Langsung Putusan

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Kamis, 09 Des 2021 09:36 WIB
Rachel Vennya dan Salim Nauderer di Polda Metro Jaya.
Rachel Vennya, Salim Nauderer, dan manajer wajib hadiri sidang besok Foto: Palevi/detikcom
Jakarta -

Kasus Rachel Vennya kabur dari karantina akan digelar besok, Jumat (10/12/2021). Rachel Vennya bersama dengan Salim Nauderer dan manajernya, Maulida Khairunnia wajib datang.

Wajibnya Rachel Vennya datang ke persidangan dituturkan oleh Humas Pengadilan Negeri Tangerang, Arief Budi Cahyono.

"Saksi kan wajib hadir kalau tidak bisa dipanggil secara paksa," tegas Humas Pengadilan Negeri Tangerang, Arief Budi Cahyono di kantornya.

"Terdakwa juga harus hadir dong kalau tidak hadir bisa dipanggil paksa juga kan," tegasnya.

Jaksa penuntut umum dalam kasus kaburnya Rachel Vennya dari karantina, mengajukan perkara pidana dengan cara singkat. Artinya, bisa saja besok sidang Rachel Vennya bisa langsung putusan.

"Bisa juga (langsung putusan) karena diajukan dengan acara tindak pidana singkat artinya kan jaksa memandang pembuktian acara ini sederhana dan mudah," ujarnya.

Sidang Rachel Vennya bakal digelar setelah salat Jumat. Rachel Vennya sudah dua kali menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Kaburnya Rachel Vennya terungkap dari cuitan salah satu warganet. Belum lagi perayaan ulang tahun Rachel Vennya banyak di-posting oleh teman-temannya.

Diketahui Rachel Vennya bersama Salim Nauderer dan manajernya, Maulida kabur dari karantina dengan dibantu oknum TNI. Satu oknum TNI yang bertugas di bandara dan oknum TNI yang bertugas di RSDC Wisma Atlet Pademangan.

Selama kasus ini bergulir, Rachel Vennya, Salim Nauderer, dan manajernya tidak ada wajib lapor. Itu dikarenakan ancaman hukuman Rachel Vennya hanya satu tahun penjara.

Rachel Vennya juga dinilai kooperatif selama pemeriksaan. Kewenangan penyidik tidak menerapkan wajib lapor pada Rachel Vennya cs tidak wajib lapor.

"Sebenarnya ketentuan wajib lapor itu nggak ada, hanya untuk menjamin bahwa penahanan itu, kan, ada alasan subjektifnya. Nah subjektifnya selama ini kooperatif nggak ada masalah. Kami panggil, dia (Rachel Vennya) datang," beber Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat.



Simak Video "Penyesalan Rachel Vennya Kabur Karantina yang Dianggap Palsu Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT