ADVERTISEMENT

Ulama Tegaskan Pindahkan Makam Haram, Doddy Sudrajat: Sudah Fix!

Tim detikcom - detikHot
Senin, 06 Des 2021 12:00 WIB
Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat kangen berat dengan cucunya yang kepulangannya tertunda ke Jakarta, Jumat (5/11/2021).
Doddy Sudrajat keukeuh pindahkan makam Vanessa Angel meski dalam Islam diharamkan Foto: (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Rencana Doddy Sudrajat ingin pindahkan makam Vanessa Angel menuai pro dan kontra. Bahkan ulama pun turut memberikan penjelasan hukum memindahkan makam dalam Islam.

Menyoal hal tersebut, Doddy Sudrajat mengatakan akan tetap memindahkan makam Vanessa Angel karena sudah sepakat dengan keluarga besar.

"Nantilah. Tetap (akan pindahkan makam). Itu sudah fix, keluarga besar sudah setuju," tegas Doddy Sudrajat singkat ditemui di kawasan Jakarta Pusat.

Beberapa waktu lalu, Doddy Sudrajat sudah menjelaskan alasan dirinya ingin memindahkan makam Vanessa Angel. Doddy Sudrajat ingin memindahkan makam Vanessa Angel dalam satu liang lahat makam mantan istrinya.

Ada tiga alasan Doddy Sudrajat bersikeras makam Vanessa Angel akan dipindahkan. Alasan pertama karena semasa hidupnya dia ingat ucap Vanessa Angel kelak ingin dimakamkan dekat dengan kuburan almarhum ibundanya.

"Semasa dulu masih ada Vanessa, kita pernah ziarah bareng ke almarhum mamanya. Vanessa bilang ke saya waktu di Karet Bivak, 'Dad bisa nggak ya kita punya makam keluarga kita sama-sama. Ntar kalau aku nggak ada umur, Daddy nggak ada umur, kita nggak ada umur, kita bisa sama-sama satu dengan Mama. Kalau di kampung-kampung ada makam keluarga.' Saya bilang sama Vanessa, 'Nes di sini nggak ada lagi tanah yang luang, udah nggak bisa lagi. Kalaupun mau itu makam orang kita bisa beli,'" cerita Doddy Sudrajat.

"Hari kesepuluh, mimpinya itu Vanessa ingin dimakamkan satu makam dengan mamanya. Itu mimpi, permintaan Vanessa seperti itu. Saya sudah sampaikan juga ke Bang Milano, ini ada pesan dari Vanessa, Daddy dimimpikan ini gimana Bang? Saya dari awal mau Vanessa dimakamkan satu makam sama mamanya," ucapnya.

Alasan ketiga, Doddy Sudrajat melihat makam Vanessa Angel saat ini berada di pinggir jalan. Dia khawatir kelak ada pelebaran jalan.

"Di lain sisi lagi kenapa saya mau pindahkan juga. Itu kan di pinggir jalan (makam yang sekarang), takutnya ada pelebaran jalan, itu salah satu alasan keputusan Daddy memindahkan satu liang dengan mamanya," tegas Doddy Sudrajat.

Simak video 'Ayah Vanessa Angel Tak Terima Keluarga Bibi Ragukan Dirinya Bisa Asuh Gala':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, memindahkan makam dalam ajaran Islam haram.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT