Melanie Subono Gercep Kirim Bantuan dan Ajak Donasi untuk Korban Erupsi Semeru

Desi Puspasari - detikHot
Minggu, 05 Des 2021 11:48 WIB
Melanie Subono
(Foto: Ari Saputra) Melanie Subono saat ditemui beberapa waktu lalu. Kini dia aktif menyuarakan donasi buat korban Semeru.
Jakarta -

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. Melihat dampak erupsi Semeru, Melanie Subono dan tim gerak cepat mengirimkan bantuan dan galang donasi.

Berbagai dampak dari erupsi Gunung Semeru tak bisa dipandang sepele. Bahkan Preseiden Joko Widodo memerintahkan BNPB cepat dan sigap dalam menangani darurat erupsi Semeru.

Erupsi Semeru membuat daerah sekitarmya diguyur hujan abu vulkanik, kerikil, dan diterjang lumpur. Melihat pemberitaan erupsi Semeru, Melanie Subono dan tim Rumah Harapan Melanie gercep bertindak.

Melanie Subono membagikan video di mana warga berlarian panik melihat awan panas dan abu vulkanik yang membumbung tinggi.

"Semeru
jaga semua mahluk hidup yang ada disana Tuhan
Kami @rumahharapanmelanie akan melakukan koordinasi bantuan Bantuan dengan kawan2 disana
image dr Twitternya @fiersabesari," tulis Melanie Subono dalam unggahannya.

[Gambas:Instagram]

Melanie langsung menggencarkan untuk melakukan donasi. Melanie membukan donasi melalui kitabisa.com. Saweran Kita untuk Hidup Mereka memang bukan baru dibuat oleh Melanie Subono untuk menggalang dana.

Melanie Subono mengabarkan tim Rumah Harapan Melanie sudah ada yang tiba di lokasi bencana erupsi Semeru.

"Teman teman, tim @rumahharapanmelanie SUDAH TIBA di area bencana dari 2 jam yang lalu," tulis Melanie Subono dalam ungganan Instagram Story miliknya 8 jam lalu.

Mereka fokus menolong korban dan melihat apa saja kebutuhan yang sangat diperlukan untuk para korban terdampak erupsi Semeru.

"Sementara fokus terbanyak adalah kita beli masker, air bersih, tetes mata, makanan, dan minuman bersih," jelasnya.

Meanie Subono juga mengingatkan untuk mereka yang ingin donasi bisa melalui akun Melanie Subono, Saweran Kita untuk Hidup Mereka, di Kitabisa.com.

Berdasar dari penjelasan Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) pukul 15.20 WIB.

Adanya guguran awan panas gunung Semeru ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat dan para penambang untuk tidak beraktivitas di sepanjang daerah aliran Sungai (DAS) Mujur dan Curah Kobokan.

Akibat gunung Semeru erupsi banyak warga yang mengalami luka bakar. Bahkan, erupsi dan semburan awan panas guguran Gunung Semeru membuat Jembatan Perak, penghubung Lumajang-Malang, ambruk. Arus lalu lintas pun lumpuh total.

Warga terdampak erupsi gunung Semeru sangat membutuhkan bantuan. Puskesmas di Lumajang pun kekurangan oksigen dan obat-obatan.

Simak Video 'Wajah-wajah Pilu Korban Erupsi Gunung Semeru':

[Gambas:Video 20detik]



(pus/aay)