ADVERTISEMENT

Ayu Azhari Pertanyakan soal Sertifikasi Halal Gratis untuk UMK

Desi Puspasari - detikHot
Senin, 29 Nov 2021 14:50 WIB
Ayu Azhari
Ayu Azhari datang ke kantor BPJPH dan pertanyakan soal sertifikasi halal gratis untuk UMKFoto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta -

Ayu Azhari makin serius memperhatikan soal produk-produk halal. Saat dirinya berkesempatan mendatangi Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Ayu Azhari langsung mempertanyakan soal sertifikasi halal gratis.

Sertifikasi Halal Gratis atau Sehati dikatakan menjadi program yang sedang fokus digarap oleh BPJPH. Ayu Azhari pun langsung mempertanyakan untuk siapa sebenarnya sertifikasi halal gratis itu ditujukan.

"Untuk siapa program itu diadakan?" tanya Ayu Azhari dilansir dari laman YouTube The Azhari's.

"Program Sehati atau Sertifikasi Halal Gratis bagi pelaku UMK adalah kolaborasi BPJPH Kemenag bersama Kementerian, Lembaga, Pemda, Swasta dan Mitra BPJPH lainnya," jawab Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH, Mastuki.

Adapun yang mengusik Ayu Azhari untuk dipertanyakan. Hal itu menyoal siapa saja yang bisa memberikan fasilitas pembiayaan sertifikasi halal gratis itu.

"Kalau siapa saja itu, dari kementerian, lembaga, masyarakat, BUMN, BUMD silakan saja.Beberapa platform digital itu memiliki concern yang sama untuk memberikan fasilitasi ini. Jadi, kami bebas saja. Ini program yang terbuka untuk sama-sama memberikan bantuan bagi UMK," ujarnya.

"Beberapa platform digital itu memiliki concern yang sama untuk memberikan fasilitasi ini. Jadi, kami bebas saja. Ini program yang terbuka untuk sama-sama memberikan bantuan bagi UMK," lanjut Matsuki.

Ayu Azhari memang aktif dalam kegiatan yang memiliki tujuan memajukan usaha mikro kecil. Ayu Azhari pun menceritakan apa yang dikerjakan oleh BPJPH.

"BPJPH adalah lembaga yang mengurusi produk halal," kata Ayu Azhari. Saya baru tahu BPJPH baru launching Program Sehati atau Sertifikasi Halal Gratis," kata Ayu Azhari.

Nantinya, akan ada 15 sertifikasi halal gratis yang akan dikeluarkan oleh Usaha Mikro Kecil (UMK). Tentunya Sertifikasi Halal Gratis terbuka memberikan subsidi dalam bentuk pembiayaan untuk UMK yang masuk dalam kategori tertentu.

Semua pendaftaran untuk UMK pun dilakukan secara digital melalui aplikasi sehati.halal.go.id.

"Tidak ada pendaftaran manual, kami komit melakukan pendaftaran secara elektronik," kata Matsuki.



Simak Video "Putra Ayu Azhari Diduga Dipukuli Anak Artis Terkenal"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT