ADVERTISEMENT

Pelajaran dari Dian Sastro Untuk Lebih Peduli dengan Lingkungan

Desi Puspasari - detikHot
Sabtu, 27 Nov 2021 16:29 WIB
Dian Sastro
Dian Sastrowardoyo Foto: Instagram @therealdisastr
Jakarta -

Dian Sastrowardoyo berharap publik semakin sadar akan menjaga lingkungan. Dian melihat banyak cara dan peluang untuk mengajak publik untuk lebih perhatian dengan lingkungan hidup.

"Mengenai isu lingkungan hidup ini, saya pelajar baru, baru setahun lalu. Akhirnya saya tergerak setelah melihat dokumenter (soal lingkungan) dan teman-teman saya yang lebih paham. Menurut saya untuk meningkatkan awareness, kita harus pelan-pelan," kata Dian Sastrowardoyo ditemui di Mbloc, Jakarta Selatan, kemarin.

Pelajaran menyoal hal tersebut, menurut Dian Sastrowardoyo bisa dilakukan di mana saja, mulai dari lingkungan keluarga, rumah, dan pergaulan. Dia mengambil contoh dari peran seorang ibu.

"Bagaimana seorang ibu melihat kehidupan itu akan selalu diwariskan ke anaknya. Jadi apabila seorang ibu lebih aware tentang lingkungan hidup, maka dia secara langsung membesarkan anak-anak yang jauh lebih peka tentang isu-isu darurat lingkungan ini," ungkapnya.

Dian Sastro berkolaborasi dengan brand Sejauh Mata Memandang membuat film Bara "The Flame". Film ini pu dibuat lagi-lagi untuk lebih peduli dengan lingkungan hidup.

Dian Sastro menjelaskan mengedukasi masyarakat menjadi pilar utama yayasannya untuk memahami pentingnya peduli dengan masalah lingkungan hidup, deforestasi hutan, dan perubahan iklim ekstrem. Itu merupakan masalah serius yang harus dicegah, tapi banyak yang tidak tahu bahaya itu.

"Bara (The Flame) adalah salah satu contoh alat edukasi yang sangat efektif. Saya berharap, semoga diskusi kami di Ideafest 2021 dapat menjelaskan faktor penting dari permasalahan lingkungan dan bisa memberikan contoh tindakan yang baik untuk masa depan hutan di Indonesia," tukasnya.

Ini merupakan film dokumenter tentang kehidupan nyata Iber Djamal. Dia adalah pria berusia 77 tahun, penduduk asli Kalimantan yang sepanjang hidupnya berjuang untuk mendapatkan hak waris hutan adatnya.

Selanjutnya, ada cara lain yang diajarkan Dian Sastrowardoyo untuk peduli dengan lingkungan hidup.



Simak Video "Dian Sastro Tak Kecewa Jadi Pemeran Pendukung di 'Sri Asih'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT