Dian Sastro Dorong Perempuan Paham Literasi Digital

Erika Dyah - detikHot
Sabtu, 28 Agu 2021 21:02 WIB
Dian Sastro Bagi Kisah Produktif Manfaatkan Ruang Digital saat Pandemi
Foto: Dok. Kominfo
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama GNLD Siberkreasi menginisiasi edukasi Literasi Digital secara daring melalui kegiatan 'Nge-Zoom Bareng Public Figure'. Pada episode terbaru, kegiatan yang sudah berjalan selama lebih dari 2 bulan itu kini mengundang aktris Dian Sastrowardoyo sebagai narasumber.

Diketahui, Dian hadir sebagai narasumber di kegiatan ini untuk mengajak perempuan Indonesia memaksimalkan pemanfaatan ruang digital. Sebagai seorang public figure, Dian dinilai telah memberikan banyak inspirasi hebat kepada perempuan Indonesia melalui karya-karya dan aktivitas sosialnya.

Dalam kegiatan ini, Dian memberikan banyak cerita inspiratif mengenai kehidupannya. Ia mengaku tidak puas dikenal sebagai aktris yang sukses dengan ikon kebangkitan film nasional Indonesia saja. Akan tetapi, ikut memberanikan diri untuk terjun menjadi seorang sutradara.

Tak hanya itu, Dian juga berbagi cerita tentang bagaimana ia terjun menjadi sutradara di tengah pandemi COVID-19 dengan memanfaatkan ruang digital. Ia mengatakan hasil karya yang dibuatnya dengan memanfaatkan ruang digital ini pun yang akan segera rilis.

"Saat ini teknologi digital telah memberikan banyak manfaat bagi produktivitas kehidupan manusia, maka tidak ada alasan untuk kita tidak bisa produktif meskipun terhalang oleh pandemi," ungkap Dian dikutip dari keterangan resmi Kominfo, Sabtu (28/8/2021).

Untuk alasan tersebut, Dian mengaku selalu berusaha memanfaatkan teknologi digital untuk kegiatan-kegiatan positif, khususnya di masa pandemi COVID-19 saat ini. Lebih lanjut, ia juga bercerita soal pentingnya literasi digital bagi pemberdayaan perempuan di ranah digital.

Ia meyakini bahwa perempuan harus mendapatkan kesadaran akan pentingnya literasi digital. Menurutnya, sebagai perempuan, kita harus tahu konten mana yang menjadi konten pribadi dan yang dapat dijadikan konsumsi oleh masyarakat.

"Dengan adanya literasi digital perempuan tidak hanya diberikan edukasi pemanfaatan teknologi digital dan internet saja tetapi juga perempuan mendapatkan edukasi untuk menjaga keamanan di ranah digital sehingga dapat lebih berhati-hati," imbuhnya.

Ia pun mengungkap dirinya sudah menanamkan literasi digital kepada anak-anaknya sejak dini. Selain bercerita mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk perempuan, ia juga bercerita banyak soal gerakan-gerakan sosial pemberdayaan perempuan yang sering dilakukannya dalam kegiatan ini.

Sebagai informasi, inisiasi edukasi Literasi Digital ini dilakukan untuk memberikan wawasan mengenai literasi digital, pemanfaatan sosial media, teknologi, dan internet pada masyarakat. Terlebih proses digitalisasi yang semakin maju seolah memaksa orang untuk mau tak mau ikut bertransformasi secara digital untuk dapat lebih banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia.

Tak hanya Dian Sastro, kegiatan ini juga akan menghadirkan beragam narasumber inspiratif lainnya. Untuk informasi seputar kegiatan dari Kemkominfo, Anda bisa follow akun sosial media @siberkreasi atau mengakses website info.siberkreasi.id.

(akd/ega)