Hot Questions

Nicholas Sean Tidak Akan Menikah!

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Jumat, 26 Nov 2021 10:49 WIB
Jakarta -

Obrolan antara detikHOT dan Nicholas Sean Purnama semakin mendalam. Menyentuh berbagai sisi lain dari pribadinya yang mungkin selama ini belum terkuak. Termasuk keputusannya untuk tidak akan menikah.

Pernyataan untuk tidak menikah itu cukup mengagetkan. Usia yang masih terbilang muda, namun sudah berani melakukan keputusan besar. Apa dasar Nicholas Sean melemparkan pernyataan tersebut? Tertulis dalam jurnal pribadi yang diketiknya sendiri berjudul 'Justification of Isolated Living', Nicho menjabarkan bahwa dia telah menemukan kenyamanan hidup sendiri. Filosofi Stoik yang menjadi prinsipnya, menggambarkan bahwa dirinya harus fokus pada hal yang bisa dikendalikan. Dan, pernikahan, tidak menjadi bagian itu.

"Saya nggak mau nikah, saya mau sendiri. Pacaran juga nggak mau saya. Karena udah nyaman banget sendiri. Saya merasa hidup sendiri itu banyak hal yang bisa saya kontrol, saya bisa ke mana aja, bisa tidur kapan aja, saya bisa kerjain apa aja. Jadi, semua di bawah kendali saya. Tapi kalau ada hubungan, ada obligasi secara tidak langsung. Hubungan itu optional, kalau cari makan itu wajib, karena kalau nggak makan, mati."

"Menurut saya ngejalanin hubungan, itu sama aja kayak minta PR lagi. Hidup udah berat, tambah berat lagi. Apakah kurang, banyak hal yang harus lo kerjakan, sehingga menambah orang lain dan keluarganya numpang di hidup lo itu nggak apa-apa? Udah punya keluarga sendiri tapi malah ngurusin keluarga orang lain. Mereka punya masalah, yang kemudian jadi masalah lo."

"Jadi, menurut saya, saya nggak mau lah, ini udah zaman modern, kita bukan tinggal di perkebunan yang banyak anak artinya profitable. Terus, orang-orang akan bilang: Nanti lo sendirian dong nggak ada anak. Nanti pas lo mati juga sendirian, kematian adalah perjalanan lo sendiri. Kalau ada yang bilang kesepian karena nggak punya anak, apa ada jaminan anak-anak lo bakalan nemenin, jagain lo juga? Mereka bakalan bikin keluarga sendiri. Ke depannya, individualisme lebih kenceng and it's not bad thing sih. Karena manusia bisa beradaptasi. It's not suffering to be a lonely , its suffering not to be able to," jelas anak muda 23 tahun itu panjang, bicara soal pernikahan.

Nicholas Sean PurnamaNicholas Sean Tidak Akan Menikah! Foto: Nicholas Sean Purnama (dok.Instagram @nachossean)

Lebih lanjut, Nicholas Sean menegaskan, bahwa pernyataannya itu bukan sekadar emosi belaka. Bukan pula trauma asmara di masa lalu, apalagi pikiran singkat yang tidak matang. Nicho yakin, bahwa tidak menikah, adalah keputusan paling masuk akal untuknya.

"Saya nggak mau nikah karena saya nggak mau nambahin beban. Saya merasa, keluarga itu responsibility extend (penambahan tanggung jawab), yang kalau saya gagal, semua orang kena. Tapi, kalau saya sendiri, saya bisa jadi martir. Bisa mati besok dan akan baik-baik saja. Orang kalau nggak bisa serang saya, mereka nggak serang siapa-siapa lagi, karena saya nggak punya keluarga untuk diserang. I have nothing to lose."

"Justru orang yang memiliki banyak hal, mereka merasa nyaman dan mereka nggak mau meninggalkan hidup ini. My goals in life it's not to maximize happiness, but to minimize pain."

Sebelum mengakhiri bahasan tentang pernikahan ini, detikHOT memberikan tantangan kepada pemilik usaha F&B Kopi Se-Indonesia itu. Jika suatu saat Nichola Sean menikah, maka detikHOT berhak untuk menayangkan kembali artikel ini.

"Nggak, gue tahu mau apa. Kalau misalkan gue masih galau, gue akan simpen uang buat nikah atau berkeluarga. Tapi sekarang, duit yang gue simpan untuk hobi gue nanti. Intinya, gue nggak pernah paksain orang. Lo ada keluarga atau nggak ada keluarga, nggak efek buat gue. Gue harap orang lain juga jangan paksa," tutup Nicho sambal menyeruput minuman susu yang dibawanya.

Meskipun terlihat dan terbaca serius, obrolan Nicholas Sean dan detikHOT penuh canda tawa. Dengan ditemani oleh managernya, beberapa kali anak sulung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini mendapatkan koreksi jawaban dan informasi. Apalagi saat membahas soal pemikiran radikalnya yang setelah ini dapat detikers nikmati, hanya di HOT Questions, detikHOT.

(mif/dar)