Kata Ustaz: Jadi Korban Konten Fitnah, Lakukan 3 Hal Ini

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 17 Nov 2021 06:00 WIB
Ustadz Riza Muhammad saat di temui bersama Istrinya Indri Giana (4/7/2013).
Ustaz Riza Muhammad ingatkan 3 hal ini untuk mereka yang jadi korban fitnah konten Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Belakangan banyak selebriti yang jadi korban fitnah. Bagaimana menanggapinya?

Ada beberapa selebriti, seperti Ruben Onsu, Ivan Gunawan, Armand Maulana, dan Sule disebut meninggal dunia dalam sebuah konten YouTube. Ada juga Nathalie Holscher, istri Sule, yang dijatuhkan dengan thumbnail sebuah channel YouTube bertuliskan 'Video Syur 20 Detik,! Nathalie Holscher Sudah 4x Di Obok-Obok Oleh Manajernya'.

Nyatanya isi konten videonya tidak seperti yang dituliskan pada judulnya. Belum lama, Demian Aditya geram lantaran nama dan video istrinya dicatut.

Dalam thumbnail channel YouTube yang membuat Demian geram dipajang foto sang istri Sara Wijayanto. Ditambah lagi judulnya dituliskan Sara Wijayanto berkomunikasi dengan arwah Vanessa Angel. Itu ditegaskan adalah fitnah dan tidak benar.

Ustaz Riza Muhammad dalam Kata Ustaz kali ini memberikan penjelasan kepada detikcom bagaimana sebaiknya menghadapi fitnah seperti itu. Berikut penjelasannya:

Iya itu dosa banget itu. Pertama memang itu bukan perbuatan si artis. Sebenarnya secara kaidah, dia lepas tangan dari semua itu nggak apa-apa karena bukan kesalahan dia (si artis yang difitnah).

Kedua, kalau memang hal itu bisa ditelusuri dan bisa disetop itu lebih baik. Karena akan menjadi fitnah. Kita tahu kan fitnah itu Al fitnatu assadu minal qotli, fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Kalau fitnah itu tidak benar justru akan membuat citra seseorang itu buruk. Kalau bisa (disetop dan ditelusuri).

Ketiga, doa saja. Perbanyak doa pada Allah karena Nabi berkata, Seandainya orang menjatuhkanmu tapi Allah tidak mengizinkan maka hal itu tidak akan terjadi. Maka sebenarnya kemuliaan, menjatuhkan itu hanya haknya Allah. Maka berdoa, insyaallah membantu segala hal.

Setiap doa itu ada permintaannya. Itu saja.



Simak Video "Sempat Ditahan Imigrasi, Ustaz Riza Trauma ke Hong Kong"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)