ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Tragedi Vanessa Angel dan 3 Nasihat Kematian Malaikat Jibril

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 05 Nov 2021 06:00 WIB
Vanessa Angel dan Bibi Ardriansyah
Foto: Instagram
Jakarta -

Vanessa Angel dan suami meninggal dunia, menjadi kabar mengejutkan. Ungkapan duka pun mengalir untuk pasangan tersebut.

Kata Ustaz kali ini mengutip tausiyah Ustaz Zacky Mirza yang disiarkan secara live di Instagramnya. Terlihat Ustaz Zacky Mirza tengah mengisi tausiyah di Masjid Al-Furqon Sungai Rumbai, Sumatera Barat.

Di awal ceramahnya, Ustaz Zacky Mirza mengingatkan untuk memberikan doa dan mengirimkan Al Fatihah untuk Vanessa Angel dan Bibi.

"Salah satu saudara kita, saudari kita, artis kita baru saja berpulang ke Rahmatullah. Kita bisa bantu doa, siapapun orangnya, bagaimanapun masa lalunya tetap kita berkhusnuzon, Kita doakan, bersama kita kirimkan suratul Fatihah yang meninggal kecelakan tunggal," buka Ustaz Zacky Mirza.

Ada beberapa pelajaran yang menurut Ustaz Zacky Mirza bisa diambil. Salah satunya soal pengakuan sopir Vanessa Angel yang mengaku mengantuk dan kelelahan.

"Kalau ngantuk lebih baik tidur. Kedua, hati-hati pelajaran buat kita jika sedang mengendarai mobil hindari menggunakan handphone kejadian ini jadi pelajaran. Pakai sabuk pengaman bukan karena takut polisi, tapi untuk keselamatan jiwa dan diri kita," ucapnya.

"Karunia dari Allah, anugerah dari Allah, Vanessa dan suami meninggal, anak hidup," lanjut Ustaz Zacky Mirza.

Kabar Vanessa Angel dan suami meninggal yang mengagetkan mengingatkan dengan nasihat Rasulullah soal kematian.

"Nasihat buat kita semua, sebagaimana disabdakan Baginda Rasulullah, beliau bersabda kematian orang lain, wafatnya orang lain, cukup itu jadi nasihat berharga buat kita," ucap Ustaz Zacky Mirza.

"Dia bikin Insta story, bikin pertanyaan kalau tidak salah, 'Ada yang tahu saya mau ke mana?' Ternyata tidak pernah ada yang tahu setiap kita kapan kembali ke Allah," ingat Ustaz Zacky Mirza.

"Allah sudah sering bertanya, Hei manusia kamu mau ke mana sih hidup? Kita coba petik hikmah dan nasihat dari tragedi yang baru saja terjadi," lanjutnya.

Ustaz Zacky Mirza menceritakan ketika malaikat Jibril memberikan nasihat kepada Nabi Muhammad. Ada tiga nasihat yang disampaikan.

"Kata malaikat Jibril, wahai Muhammad hidup seperti apa saja silakan bebas, ingat setiap kita akan jadi mayit. Vanessa Angel lahir tahun 93, masih muda. Almarhum Uje 40 tahun meninggal tahun 2013, Syekh Ali Jaber umur 45 tahun, almarhum Olga 32 tahun, Rasullullah 63 tahun. Rasul saja kekasih Allah 63 tahun."

"Jadi tidak ada yang pernah tahu (umur). Semuanya akan mati, kita nggak pernah tahu (kapan meninggal), bisa jadi hari ini, besok. Setiap jam, setiap menit lakukan kebaikan," bebernya.

Pesan yang kedua malaikat Jibril mengingatkan pada Nabi Muhammad SAW, 'Ya Muhammad, ingin melakukan saja silakan, tapi ingat segala sesuatu ada ganjarannya, ada balasannya," sambung Ustaz Zacky Mirza.

"Maka dari itu cukup kematian orang lain itu jadi nasihat. Persiapkanlah segala bekal akhirat kita. Tanya dalam diri sendiri jangan-jangan saya ada salah dengan orang lain dan belum minta maaf. Jangan-jangan karena saya belum minta maaf, jelas-jelas saya salah itulah yang buat saya susah mati suatu saat nanti," ucapnya.

"Itulah, meminta maaf itu berat, ada gengsi, malu. Kalau karena Allah orang yang minta maaf tidak akan jadi hina," tegas Ustaz Zacky Mirza.

Pesan ketiga malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW adalah 'Cintai yang ingin kalian cintai, anak, istri siapapun. Tapi ingat segala yang kita cintai akan terpisah karena kematian. tidak ada yang bisa mendampingi kita kecuali amal saleh'.

"Apa saja yang jadi tabungan di akhirat, sedekah jariah. Kedua, ilmu yang bermanfaat. Ketiga, anak yang saleh yang mendoakan kedua orang tuanya," kata Ustaz Zacky Mirza.

"Saya ingin menyampaikan orang kalau sudah meninggal kebaikannya akan menghampiri dengan sendirinya, semakin banyak kebaikannya semakin banyak yang menghampiri," tukasnya.



Simak Video "Ustaz Zacky Mirza Kecelakaan, Kaca Mobil Pecah"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT