Round-Up

Wasiat dan Pesan Melanie Subono usai Operasi Angkat Rahim

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 02 Nov 2021 22:04 WIB
Melanie Subono
Foto: Palevi
Jakarta -

Melanie Subono belum lama ini menjalani operasi pengangkatan setelah diketahui ada tumor di dalam perutnya. Ia pun harus rela kehilangan rahim akibat tumor tersebut.

Kepada awak media, Melanie Subono mengaku sudah 20 tahun mengidap tumor. Ia bahkan sudah menjalani 10 kali operasi dengan lima operasi besar.

"Jadi sebenarnya gini, mungkin ada yang tahu sudah lama aku sering (operasi). Ini bukan operasi pertama, entah tumor kista miom atau entah apa pun itu," ungkap Melanie Subono di kediamannya, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Nah tapi kan aku cukup sering cek nih setahun sekali, dua tahun sekali. Karena masa COVID-19 nggak berani ke rumah sakit. Karena kan kalau nggak kepepet ngapain ke RS," lanjutnya.

Empat bulan lalu, Melanie Subono merasakan ada yang tidak beres pada tubuhnya. Ia pun pernah terbangun dari tidur karena merasakan sakit yang luar biasa.

Ternyata ada pecah di dalam tumornya yang membuat perutnya menjadi sebesar balon. Di situ, pihak dokter bilang puluhan tumor tumbuh dan harus diangkat.

Pada akhirnya, Melanie Subono menjalani operasi dan mau tak mau rahimnya ikut diangkat. Ia menyebut berat rahimnya hingga 1,3 kilogram saat diangkat keluar dari perutnya.

Sebelum menjalani operasi pengangkatan tumor, Melanie Subono rupanya sudah mempersiapkan banyak hal. Salah satunya surat wasiat.

"Gue sampai bikin surat wasiat segala macam, surat wasiat buat anjing-anjing gue, kucing-kucing gue. 'Kalau gue nggak bangun lagi gini ya, tanggal segini kirim segini ya, kasih sembako ke sini ya.' Jadi, Puji Tuhan sih jalan. Dan harus jalan. Rumah Harapan akan selalu jalan," ujar Melanie Subono.

Melanie Subono juga memberi pesan kepada semua orang, khususnya perempuan, untuk peduli pada tubuhnya.

"Kata teman-teman tadi, 'Yuk lu ngomong sama media, lu bikin tulisan, kita jadikan ini awareness, sosialisasi untuk perempuan-perempuan di luar sana biar mereka cek selalu'. Mudah-mudahan ini bisa dijadikan (contoh). Karena gue sendiri capek," pungkasnya.



Simak Video "Melanie Subono Sempat Terpikir Bikin Surat Wasiat"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/pus)