Heboh Miss World Malaysia: Klaim Batik, Dibully dan Minta Maaf

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 22 Okt 2021 05:29 WIB
lavanya sivaji
Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia yang bikin heboh. Dok. Instagram/lavanyasivaji
Jakarta -

Kabar kali ini datang dari Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji. Lavanya Sivaji dibully habis-habisan oleh netizen Indonesia dalam Instagram miliknya.

Hal tersebut saat dirinya memakai batik dan bicara soal batik. Sontak saja ucapan Lavanya Sivaji tersebut menjadi incaran mulut pedas netizen Indonesia.

"Kain batik melambangkan keragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan & desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia," beber Lavanya Sivaji.

Hal itu pun mengundang reaksi dari para netizen Tanah Air. Mereka melontarkan kalimat pedas terkait pengakuan sang model.

"Seorang Miss itu harus pintar agar bisa merepresentasikan negaranya dengan baik, maka dia harus tau sejarah dan budaya negaranya, bukan milik negara lain. Belajar lagi yok biar pintar," ungkap akun keir****.

"Catat ya neng, BATIK itu udah diakui UNESCO asli indonesia, jadi kalau ada ngaku ngaku BATIK dari negara selain indonesia berarti apa ? Punya malu ngak sih," kata akun papa***.

"Batik adalah kain Indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009," ungkap akun jeklr***.

Permintaan Maaf Miss World Malaysia

Sadar telah membuat kehebohan, Lavanya pun kembali muncul dan meminta maaf karena dianggap sudah menyinggung masyarakat Indonesia soal batik.

Permintaan maafnya itu, kembali disampaikan melalui unggahan di Instagram pribadinya. Permintaan maaf itu dia sampaikan dalam bahasa Inggris.

"Hai semuanya! Teruntuk para pageant lovers, khususnya di Indonesia. Saya harap kalian dalam keadaan sehat. Pertama-tama saya ingin meminta maaf jika saya sudah menyinggung siapapun untuk unggahan saya ini," tulis Lavanya Sivaji, dilihat Kamis (21/10/2021).

Lavanya Sivaji mengakui batik berasal dari Jawa. Akan tetapi, dia menjelaskan juga ada negara lain yang turut menyerap unsur budaya batik.

"Saya mengakui kata Batik berasal dari Jawa begitu juga dengan desain dan sejarahnya. Namun, tak sedikit ada negara lain yang mempraktikkan budaya tersebut, antara lain Malaysia, Sri Lanka, India, dengan desain dan motifnya masing-masing," ungkapnya.

"Baik dari Malaysia, Indonesia, atau negara lain, saya akan selalu merasa bangga memakai batik," lanjut Lavanya Sivaji.

[Gambas:Instagram]



Lavanya Sivaji berterima kasih karena sudah diingatkan atas perkataannya. Di mana dia merasa diingatkan untuk menghormati akar budaya dan tradisi.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah mengingatkan saya untuk menghormati akar, budaya, dan tradisi kita. Setiap kali saya memakai Batik, saya bisa merasakan kekuatan dari seorang wanita sejati. Kami memiliki kekuatan super. Kami adalah penyembuh. Kami adalah para ibu," tutupnya.

Permintaan maaf Lavanya Sivaji kembali memberikan komentar. Lavanya diminta mempelajari lebih dulu sebelum menuangkan sejarah dalam unggahannya.

"Sebelum menggunakan caption atau mengclaim sesuatu mungkin bisa di pelajari dulu sejarah nya darimana agar tidak di serang oleh netizen +62 btw thank you for wearing Batik , salam dari indonesia," kata akun clou***.

"Postingan nya bisa dirubah dong caption-nya klau sudah mengakui," kata akun shin***.

Profil Miss World Malaysia

Lavanya Sivaji saat ini berusia 25 tahun. Ia dikenal sebagai seorang dokter di sebuah rumah sakit di Malaysia, bernama Hospital Angkatan Tentara Tuanku Mizan Zainal Abidin.

Selain itu, Lavanya Sivaji juga punya proyek lain. Ia adalah pendiri dari 4Them.

Diketahui 4Them adalah proyek advokasi dan sosial. Di sana, Lavanya Sivaji fokus dengan beberapa isu, seperti masalah gizi dan kesehatan masyarakat Malaysia.

Di ajang Miss World Malaysia, Lavanya Sivaji adalah generasi baru. Ia resmi mendapatkan gelar tersebut pada 16 Oktober 2021.

Setelah berhasil mengalahkan puluhan peserta lainnya di Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji juga berhak mewakili Malaysia di ajang Miss World 2021 yang bakal digelar pada Desember 2021 di Puerto Rico.



Simak Video "Permintaan Maaf Miss World Malaysia soal Batik"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)