Suzanne Hsiao Pulih Usai Menderita Kanker Langka

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Jumat, 22 Okt 2021 08:06 WIB
Suzannne Hsiao, aktris Tiongkok yang menderita kanker langka.
Suzanne Hsiao, aktris Tiongkok yang menderita kanker langka. Dok. Ist
Jakarta -

Aktris asal Tiongkok, Suzanne Hsiao dikabarkan terdiagnosis menderita kanker langka dan telah melakukan operasi tahun lalu hingga beberapa organ dalamnya harus diangkat. Kabar baiknya ialah, ia dapat pulih dengan baik.

Wanita kelahiran 13 November 1976 ini memiliki nama lengkap Shu-shen Hsiao. Ketika penyanyi sekaligus aktris ini debut pada akhir era 90 an, ia langsung mendapatkan pujian dari banyak pihak karena dianggap sebagai salah satu bintang muda yang menjanjikan dalam industri hiburan.

Namun, layaknya selebriti lainnya, ia mengalami kondisi jatuh-bangun dalam kehidupannya dalam berkarir. Reputasinya sempat menurun karena ditangkap pihak kepolisian sebanyak tiga kali karena terjerat kasus narkoba.

Namun, usai keluar dari penjara, beberapa tahun kemudian ia berhasil terbebas dari narkoba dan menjaga reputasinya dengan baik. Lalu, pada April 2020, ia telah melakukan siaran langsung pada akun Facebooknya. Pada momen itu, ia mengungkapkan bahwa telah didiagnosis menderita kanker yang langka sejak 2019 lalu.

Ia menceritakan, tiba-tiba merasa sakit yang begitu tajam di daerah perutnya sejak Februari 2019. Awalnya ia menganggap bahwa itu hanya karena ketegangan otot perutnya. Namun, keluarganya mendesak Suzanne untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit.

Untungnya ia mendengarkan saran keluarganya, rupanya menurut keterangan yang diberikan dokter, telah ditemukan sebuah tumor ganas sepanjang 8,7 cm pada bagian duodenumnya atau usus dua belas jari yang terletak setelah lambung. Kemudian, ia menjalani terapi selama sembilan bulan.

Ternyata terapinya itu justru membuat wajahnya terlihat membengkak dan mempengaruhi siklus menstruasinya. Tetapi, terapinya berhasil membuat tumor menyusut hingga ukurannya berkurang menjadi setengah dari ukuran aslinya.

Setelah itu pada bulan Februari 2020, Suzanne menjalani operasi selama enam jam untuk menghilangkan bekas tumornya. Proses operasi berjalan lancar dan Suzanne pun kini pulih dengan baik.

Namun, dibalik itu semua rupanya sepertiga bagian dari perut dan duodenumnya, kantong empedu, saluran empedu serta kepala pankreasnya juga diangkat. Pasca operasi, Suzanne harus menghabiskan waktu selama dua hari di ICU dan masih harus dirawat 20 hari dalam rawat inap.



Simak Video "30 Tahun ASEAN-RRT, Xi Jinping Komitmen Sumbang 150 Juta Dosis Vaksin Covid"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)