Orang yang Klaim Putri Indonesia 2019 Keturunan Karaton Sumedang Minta Maaf

Nur Azis - detikHot
Kamis, 21 Okt 2021 18:26 WIB
Frederika Alexis Cull, Puteri Indonesia 2019
Orang yang Klaim Putri Indonesia 2019 Keturunan Karaton Sumedang Minta Maaf (Foto: Dok. Instagram)
Sumedang -

Nongky Tejapermana yang mengklaim Frederika Alexis Cull merupakan keturunan dari Karaton Sumedang Larang mengaku, bahwa hal itu sebelumnya sudah mendapatkan persetujuan baik dari Fred, panggilannya kepada Frederika Alexis Cull, ataupun Ibunya, yakni Yulia Peers.

Hal itu sebagaimana dalam tayangan video permintaan maaf Nongky Tejapermana yang dilayangkan kepada pihak Karaton Sumedang Larang dan diteruskan kepada detikcom, Kamis (22/10/2021).

Dalam tayangan video tersebut, Nongky mengungkapkan permintaan maafnya kepada para leluhur, Keluarga Besar Karaton Sumedang Larang, Dang Apet dan Bagian Silsilah lantaran telah membuat kegaduhan di Karatonan.

"Saya juga tidak percaya jadi seperti ini, sebab, sebenarnya saya sudah mendapat persetujuan dari Yulia, dan tentu saja Fred, tapi tidak tahu kenapa jadi begini saya juga merasa heran," papar Nongky dalam tayangan tersebut.

Kendati demikian, ia mencoba berlapang dada serta mengucapkan permintaan maaf dari lubuk hatinya yang terdalam.

"Saya sekali lagi meminta maaf kepada semua leluhur dan keluarga besar Karaton Sumedang Larang," ucapnya.

Ia pun menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Karaton Sumedang Larang jika akan mencabut silsilah Frederika Alexis Cull dari Karatonan.

"Kalau mau dicabut silsilah Frederika Alexis Cull, saya pasrahkan, mudah-mudahan semuanya beres," pungkasnya.

Sebelumnya, Pihak Karaton Sumedang Larang angkat bicara terkait mencuatnya kabar bantahan dari orang tua Putri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull, Yulia Peers atas adanya pengakuan sepihak yang menyatakan bahwa anaknya merupakan keturunan Karaton Sumedang Larang.

Nonoman Karaton Sumedang Larang (KSL) Rd. Lucky Djohari Soemawilaga menyatakan bahwa pihak Karaton Sumedang Larang tidak akan semata-mata menuliskan silsilah jika tidak ada dasarnya.

Lucky melanjutkan, pihaknya menuliskan nama Frederika Alexis Cull ke dalam silsilah Karaton Sumedang Larang berdasarkan keterangan dari Nongky Tejapermana yang mengakui Frederika Alexis Cull sebagai anaknya.

Nongky sendiri, kata Lucky, merupakan keturunan Karaton Sumedang Larang dari keluarga Raden Natapradja. Namun belakangan, tersiar kabar bahwa Frederika Alexis Cull bukan anak asli namun statusnya sebagai anak angkat.

Terkait hal itu, kata Lucky, pihak Nongky Tejapermana pun sudah mengklarifikasi dan meminta permohonan maaf kepada pihak Karaton Sumedang Larang.

"Sudah ada klarifikasi permintaan maaf ke KSL dari ibu nongky sendiri kepada pihak Karaton Sumedang Larang," ungkap Lucky kepada detikcom, Rabu (20/10/2021).