Awal Mula Rachel Vennya Diisukan Kabur Saat Karantina

Tim detikHOT - detikHot
Senin, 11 Okt 2021 13:29 WIB
Jakarta -

Selebgram Rachel Vennya kembali membuat heboh. Kali ini ada kabar ia kabur saat karantina.

Awal mula isu Rachel Vennya itu muncul dari sebuah utas di Twitter yang ramai dikomentari. Utas tersebut menampilkan deretan komentar di kolom Instagram, testimoni dari seseorang yang menyebut dirinya petugas.

Rachel Vennya sendiri sempat ke New York, Amerika Serikat, untuk keperluan kerja dengan sebuah brand baju Tanah Air. Memang tak diketahui pasti kapan ia pulang ke Indonesia.

Menurut peraturan karantina yang tertulis dalam Addendum Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021, Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 18 Tahun 2021 dan SK Ka. Satgas COVID-19 Nomor 11 Tahun 2021, setiap kedatangan dari luar negeri atau pelaku perjalanan internasional diwajibkan menjalani karantina selama 8 x 24 jam atau 14 x 24 jam tergantung eskalasi kasus positif COVID-19 di negara asal, setelah sebelumnya dilakukan tes RT-PCR saat tiba di Indonesia.

Setelah 7 hari karantina sejak tanggal kedatangan bagi WNI, dilakukan pemeriksaan ulang. Jika hasil RT-PCR negatif, maka baru setelah masa karantina 8 x 24 jam atau 14 x 24 jam itu karantina dinyatakan selesai.

Menurut pengakuan akun itu, yang mengaku petugas Wisma Atlet, Rachel Vennya hanya karantina selama 3 hari. Dari situlah kemudian tudingan kabur bermula.

Akun itu juga menyebut bahwa Rachel Vennya dan Salim Nauderer karantina dalam satu kamar yang sama di Wisma Atlet.

Dijelaskan pula dalam tuduhan itu, petugas sudah meminta buku nikah sebagai syarat agar bisa sekamar, namun kemudian pihak Rachel Vennya menyebut mereka tidak hanya berdua, tapi bertiga dengan manajer Rachel Vennya yang adalah seorang perempuan

"Karena Gua yang nginput data dia di Wisma Atlet Pademangan. Demi Allah...Puas? Gua tanyain alamay dimana sok sok bego, sa,pe sampe satu kamar sama si Salim padahal bukan suami istri gua minta buku nikah ktanya mereka bertiga kok sama manager Rachel yg cewek... Gua juga ada bukti Rachel yg update story dikamar wisma atlet tapi setelah 2 menit lgsng dihapus...Kenapa gua kesel sama dia? Karena Dia dengan mudahnya lolos karantina sedangkan banyak disini para TKW yg udh berumur terpaksa karantina 8 hari, ada yg ortu meninggal, anak meninggal, tapi terpaksa harus 8 hari sedangkan ni org dengan enaknya cma 3 hari," tulisnya.

Rachel Vennya tak menjawab ketika ditanya mengenai tuduhan tersebut. Sementara sang ibu mengaku tak tahu hal tersebut.

"Nggak tahu ya," kata Vien Tasman dalam sambungan telepon kepada detikcom, Minggu (10/10/2021).

Dia juga mengatakan tak ingin berkomentar banyak soal itu. Tanpa penutupan, dia langsung mematikan telepon.

"No comment deh ya," paparnya langsung mematikan telepon.

Soal isu masalah Rachel Vennya kabur saat karantina, Kemenkes (Kementerian Kesehatan) akan mengecek kebenaran kabar tersebut.

"Yang pasti bersama Satgas ini akan ditelusuri dan dicek," ujar juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi.

detikcom juga sudah berusaha menelepon beberapa pihak satgas dan Rachel Vennya langsung. Namun, belum ada jawaban.

(mau/nu2)