Round Up

Menantikan Rachel Vennya Bicara soal Tudingan Kabur dari Karantina

Tim detikcom - detikHot
Senin, 11 Okt 2021 05:30 WIB
Rachel Vennya
(Foto: dok. Instagram @rachelvennya) Ramai soal Rachel Vennya kabur dari karantina di Wisma Atlet setelah 3 hari, padahal harusnya 8 hari. Seorang netizen membeberkan beberapa hal.
Jakarta -

Rachel Vennya datang dengan kabar kurang menyenangkan. Dia diisukan kabur dari Wisma Atlet, tempat di mana seharusnya dia menjalani karantina COVID-19 karena baru pulang dari Amerika Serikat.

Warganet ramai membahas masalah ini. Terlebih usai sebuah utas di Twitter yang ramai dikomentari. Utas tersebut menampilkan deretan komentar di kolom Instagram, testimoni dari seseorang yang menyebut dirinya petugas di Wisma Atlet.

Berikut rangkuman keramaian yang terjadi terkait tudingan Rachel Vennya kabur dari karantina:

1. Rachel Vennya disebut hanya karantina selama 3 hari

Menurut peraturan karantina yang tertulis dalam Addendum Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021, Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 18 Tahun 2021 dan SK Ka. Satgas COVID-19 Nomor 11 Tahun 2021, setiap kedatangan dari luar negeri atau pelaku perjalanan internasional diwajibkan menjalani karantina selama 8 x 24 jam atau 14 x 24 jam tergantung eskalasi kasus positif COVID-19 di negara asal, setelah sebelumnya dilakukan tes RT-PCR saat tiba di Indonesia.

Setelah 7 hari karantina sejak tanggal kedatangan bagi WNI, dilakukan pemeriksaan ulang. Jika hasil RT-PCR negatif, maka baru setelah masa karantina 8 x 24 jam atau 14 x 24 jam itu karantina dinyatakan selesai.

Namun menurut pengakuan akun Instagram bernama @cleverdid, yang mengaku petugas Wisma Atlet, Rachel Vennya hanya karantina selama 3 hari. Dari situlah kemudian tudingan kabur bermula.

2. Dituding sekamar tanpa buku nikah

Akun @cleverdid juga menyebut bahwa Rachel Vennya dan Salim Nauderer karantina dalam satu kamar yang sama di Wisma Atlet. Dijelaskan pula olehnya, @cleverdid sudah meminta buku nikah sebagai syarat agar bisa sekamar, namun kemudian pihak Rachel Vennya menyebut mereka tidak hanya berdua, tapi bertiga dengan manajer Rachel Vennya yang adalah seorang perempuan.

Rachel VennyaRachel Vennya Foto: Instagram Rachel Vennya

3. Kekecewaan warganet

Secara pribadi @cleverdid juga mengutarakan kekecewaannya pada Rachel Vennya yang bisa lolos dari karantina 8 hari dan hanya menjalani 3 hari karantina saja. Menurutnya, banyak TKW yang karantina di Wisma Atlet yang sudah berumur tetap menjalani karantina 8 hari bahkan ada yang orang tua dan atau anaknya meninggal dunia, tapi tetap karantina 8 hari sesuai peraturan.

"Ini orang dengan enaknya cuma 3 hari!" tulisnya.

(Karantina belum selesai, tapi update pesta di IG Story dan tanggapan ibunda Rachel Vennya di halaman selanjutnya.)