Ini Penyakit yang Bikin Dorce Gamalama Tak Sadarkan Diri

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Minggu, 10 Okt 2021 19:04 WIB
Dorce Gamalama
(Foto: Anisa Fitria) Kerabat dekat ungkap penyakit Dorce Gamalama yang membuatnya tidak sadarkan diri dan harus menginap di ICU.
Jakarta -

Pekan lalu Dorce Gamalama sempat tumbang dan tidak sadarkan diri hingga masuk ICU. Rupanya itu lantaran kadar gula darahnya yang terlampau tinggi.

Dijelaskan oleh rekan Dorce Gamalama, Hetty Sunjaya, sebelum akhirnya masuk ICU artis serba bisa itu sempat diopname karena diabetes. Ketika tak sadarkan diri lagi itu juga masih karena penyakit yang sama.

"Iya hubungannya masih ada yang (waktu masuk RS) kemarin)," kata Hetty Sunjaya ketika dihubungi pada Minggu (10/10/2021).

Dalam kesempatan berbeda, Mimi, keponakan Dorce Gamalama menjelaskan bahwa seminggu sebelum tak sadarkan diri dan masuk ICU, Dorce baru pulang dari rumah sakit.

"Jadi mama sebelumnya sudah dirawat juga seminggu yang lalu karena sakitnya, dan udah diizinkan pulang sama dokter karena kondisinya sudah membaik. Akhirnya kami pulang. Malem kondisinya bagus, pagi pun masih bagus, siangnya mama tidur tapi belum makan memang, dia ngantuk katanya mau tidur dulu, akhirnya kita biarkan istirahat dulu. Karena paginya beraktifitas kan," kisah Mimi lewat sambungan telepon.

"Yaudah kita biarkan tidur sampe jam setengah dua (siang), udah coba saya bangunin makan siang karena belum minum obat. Tapi mama belum ada respons masih tertidur pulas lah. Setelah sampai adzan ashar karena belum makan dan minum obat kami paksa bangun sekuat tenaga, tapi masih nggak ada respons. Akhirnya kirim pesan WhatsApp ke dokter. Dokter bilang langsung bawa ke rumah sakit aja, ya sudah dilarikan di RS, langsung masuk ICU," pungkasnya.

Sejak lama Dorce Gamalama memang sudah mengidap sakit gula karena faktor genetik. Rupanya inilah alasan kenapa Dorce Gamalama tak sadarkan diri beberapa hari lalu.

Hetty Sunjaya mengurai keterangan dokter. Menurut dokter yang bertanggung jawab terhadap perawatan Dorce Gamalama, gula darah pembawa acara bincang-bincang itu mencapai angka rendah di bawah ambang batas.

"Menurut dokter lama, cerita dari keluarga itu, seminggu sebelum ke IGD itu udah di-opname dengan keadaan gula darah 800, sudah berfungsi normal, diperbolehkan pulang. Besok sehari dirumah, sempet telponan biasalah, ternyata pas jam 4 drop lagi gula darahnya di bawah normal jadi dibawa lagi ke rumah sakit," lanjutnya.

Beruntung kini Dorce Gamalama sudah baikan dan bisa berbincang dengan keluarga lagi. Perkembangan kondisi kesehatan Dorce Gamalama ini tentu disambut bahagia oleh keluarga.

Anak-anak dan keluarganya dari luar kota juga sudah berkumpul di rumah sakit meski tidak bisa bertemu kala itu. Sebelumnya dijelaskan oleh Mimi, keponakan Dorce Gamalama, sepanjang tahun 2021 ini pembawa acara Dorce Show itu sudah dirawat tiga kali di rumah sakit. Hanya saja yang kali ini paling parah karena hingga tidak sadarkan diri.

(fbr/aay)