Kesehatan Selebriti

Kesehatan Oddie Agam Menurun sampai Kritis

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Sabtu, 09 Okt 2021 17:53 WIB
Oddie Agam
(Foto: hanif hawari) Kondisi Oddie Agam kritis dan harus menggunakan ventilator. Kini dia masih dirawat di Rumah Sakit dan pihak keluarga memohon agar Oddie Agam didoakan.
Jakarta -

Kesehatan Oddie Agam juga dikabarkan menurun. Hal tersebut kali pertama disampaikan oleh Deddy Dhukun yang juga sahabatnya beberapa waktu lalu.

"Betul (kondisi kesehatan Oddie Agam tidak baik)," kata Deddy Dhukun beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Deddy Dhukun juga meminta doa kepada semua orang agar kesehatan Oddie Agam benar-benar sehat.

"Bantu doanya. Aamiin," tukas Deddy Dhukun.

Oddie Agam sampai saat ini masih terbaring lemah di ICU Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur. Kondisinya tak sadarkan diri dengan bantuan ventilator.

Hal itu diungkapkan oleh istri Oddie Agam, Almafilia.

"Sampai sekarang masih pakai alat untuk napas," ujar Almafilia saat konferensi pers di Rumah Sakit Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (8/10/2021).

"Ya saya cuma mau minta doa dari semua fans bang Oddie dan teman-teman semua terima kasih sudah banyak support, perhatian dan doanya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih," tutur Almafilia.

"Saya nggak berhenti minta tolong doanya karena saya percaya dengan doa banyak orang Bang Oddie bisa melewati masa krisisnya," imbuhnya.

Koordinator hukormas RSUP persahabatan, Dr. Agung Heri wahyudi SPBS SH mengatakan, Oddie Agam saat ini masih membutuhkan perawatan intensif. Tim dokter pun telah disiapkan untuk memantau perkembangan Oddie Agam.

"Memang kondisi beliau saat ini masih memakai alat bantu napas, dan memang sudah ada tim yang menangani beliau secara spesifik, secara intensif. Penyakit beliau yang mungkin tidak bisa disebutin satu persatu, saya harus bilang kondisi beliau saat ini masih membutuhkan perawatan yang intensif dan penanganan juga yang intensif," beber Agung dalam kesempatan yang sama.

"Kami mohon doanya juga agar Oddie Agam bisa melewati fase kritisnya. Dan memang dengan adanya komplikasi-komplikasi yang ada diharapkan bisa ditangani sesegera mungkin sehingga bisa diselesaikan dengan baik dan harapan bisa berkumpul lagi dengan keluarga," tutupnya.

Dalam kesempatan itu, sang istri juga menjelaskan kronologi bagaimana suaminya bisa masuk ICU RS Persahabatan.

"Tanggal 5 kemarin hari Selasa malam dia abis makan malam kayak tersedak abis itu batuk. Kalau tersedak kan emang udah sering. Semenjak stroke kan emang melemah dia punya otot leher jadi sering tersedak. Biasanya kalau dia tersedak itu didiemin sebentar istirahat abis itu makan lagi," ujar Almafilia.

"Selasa malam itu abis tersedak tuh batuk terus nggak berhenti, lendirnya banyak nggak bisa keluar," lanjut Almafilia.

Panik, Almafilia akhirnya membawa Oddie Agam ke rumah sakit. Ternyata saat dites, ginjal sang musisi bermasalah.

"Ya udah saya pikir saya bawa ke UGD itu napasnya udah sesak, masuk ke UGD dites SWAB dulu negatif alhamdulillah bang Oddie nggak kena COVID," tutur Almafilia.

"Terus hasil tes lab-nya ternyata lendirnya tinggi, jadi yang bermasalah ginjalnya," jelasnya.

Almafilia tak percaya dengan hal tersebut. Ia merasa kecolongan dengan sakit ginjal Oddie Agam.

"Itu juga saya kayak rada kecolongan kenapa saya nggak tahu, ternyata kata dokter Ginjal itu nggak terdeteksi sampai sisa 10 persen berfungsi," beber Almafilia.

"Ya udah akhirnya kita ambil keputusan untuk cuci darah. Besoknya operasi pasang alat tunggu jadwal cuci darah, sore cuci darah. Sore saya dengar kabar setelah cuci darah tingkat kesadarannya menurun jadi dibawa ke ICU," sambungnya.

(wes/aay)