Raisa Ungkap Rahasia Sukses Berkarya hingga Jadi Wanita Mandiri

Inkana Putri - detikHot
Senin, 04 Okt 2021 18:07 WIB
Ngobrol Sore Semaunya Bersama Raisa
Foto: detikcom
Jakarta -

Menjadi wanita mandiri atau independent women tentu bukan hal mudah. Diperlukan proses panjang, kerja keras, serta sebuah komitmen untuk mencapai kesuksesan. Hal inilah yang dirasakan oleh penyanyi cantik, Raisa Andriana.

Memiliki karier gemilang sebagai penyanyi, siapa sangka kalau awalnya Raisa tak berniat untuk menekuni bakatnya. Lucunya, ia mengaku sejak kecil ingin menjadi seorang detektif.

"Yang paling aku inget aku pengen banget jadi detective. Aku ngerasa kayak itu calling aku. Dari sekian banyak cita-cita aku yang banyak dan gonta-ganti itu aku selalu suka nyanyi. Jadi pada akhirnya itu yang aku dalamin, tapi aku nggak pernah berniat untuk jadi bintang," ujarnya di acara NSS Live Instagram x BNI EP.7.

"Momen yang membuat aku pertama kali menyadari aku mau profesional adalah pertama kali aku digaji. Pertama kali dapet uang beneran yang kayak yang oh I have financially independent, kayak aku mau beli ini nggak usah nanya ke orang tua aku. Dari situ aku ngejadiin ini (nyanyi) sebagai sebuah karier," imbuhnya.

Untuk menjadi penyanyi terkenal, Raisa mengatakan juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya harus mengalahkan rasa tidak percaya diri. Apalagi ia mengaku dulu merupakan orang yang sangat introvert.

"Salah satunya cara untuk menghadapi insecurity dan ketakutan aku adalah to face it. Itu nomor satu. Terus kedua dengan cara latihan sih, terus latihan nyari jam terbang kan lama-lama hal yang bikin kita insecure hilang karena kita jadi tau kita bisa kok, i'm capable. Terus orang dateng kayak pengen ngeliat aku, pengen denger lagu aku," katanya.

Selain itu, Raisa mengatakan menyukai proses menuju untuk mencapai kesuksesan atau tujuan juga jadi hal penting dalam berkarir. Menurutnya, hal itulah yang membawa dirinya sukses menjadi penyanyi hingga saat ini.

"When you learn to enjoy the proses itu udah enak deh. Jadi, up and down bisa dinikmati dan nggak takut salah. Kadang-kadang kita males memulai karena kita harus amatir dulu, jadinya kita mau lakuin sesuatu yang udah kita bisa aja terus," ungkapnya.

"Intinya sih doing what you love itu pasti udah mutlak ya apa pun yang dilakukan di kehidupan ini. Terus komitmen, jadi kalau kita lakuin sesuatu ya memang harus komit, karena kalau nggak komit harus siap dengan konsekuensinya. Either you lose money, time, or apa pun," sambungnya.

Selain usaha, Raisa mengatakan juga melakukan investasi, salah satunya dengan mengeluarkan label musik miliknya sendiri. Menurut Raisa, investasi pada diri sendiri menjadi hal terpenting yang harus dilakukan.

"Investasi ke diri sendiri aja dulu karena emang apa ya karena aku sangat passionate ke diri sendiri dengan cara mendirikan label itu. You invest in yourself karena kalau aku males-malesan, nggak fokus, yang rugi diri aku sendiri. Dan yang pengen diri aku sukses kan diri aku sendiri. Jadi, I just invest in myself. Alhamdulillah everything works out," katanya.

Sementara soal investasi finansial, Raisa mengatakan hal tersebut penting dilakukan sedini mungkin. Namun, investasi perlu dijalani sesuai dengan kemampuan diri.

"Sedini apa pun kalau misalnya kamu sudah bisa bertanggung jawab dengan uang yang kamu investasikan. Kalau investasi di apa pastinya sesuatu yang kamu tau, willing to learn, dan kamu suka. Setiap bisnis ada risikonya, ada yang high risk, medium, low risk. Mungkin aku mulai di low risk dulu, terus banyak belajar. Terus modalnya nambah lagi, baru naikin risiko beserta ilmunya. Jadi kita harus bener-bener mengkalkulasikan itu," jelasnya.

Senada dengan Raisa, Putri Tanjung juga menilai investasi perlu dilakukan sedini mungkin. Di episode kali ini, Putri menjelaskan bahwa BNI Emerald hadir untuk memberikan insight mengenai pentingnya investasi sedini mungkin bagi kita generasi muda agar kita memiliki masa depan yang lebih terjamin. Adapun hal ini bisa dilakukan melalui investasi dengan risiko rendah dan cara yang mudah seperti reksa dana.

"Bagi kita generasi muda pas banget untuk memilih reksa dana karena mudah dengan aksesnya yang tersedia melalui mobile phone serta murah karena bisa dimulai dengan hanya Rp 100 ribu. Investasi di reksa dana ada beragam, sesuai dengan kadar risikonya. Untuk yang risiko rendah bisa pilih reksa dana pasar uang dengan target return yang lebih stabil dari deposito dan untuk yang risiko tinggi bisa memilih reksa dana saham," katanya.

Ngomongin soal investasi, Putri menyebutkan agar tak perlu khawatir dengan risiko investasi. Sebab, untuk memitigasi risiko investasi terutama reksa dana atau obligasi, dapat diminimalisasi dengan pengolahan melalui Manager Investasi dan Pilihan Obligasi pemerintah.

"Nah jadi untuk kita yang ingin berinvestasi dengan mudah, aman dan gamau khawatir soal risiko, investasi di BNI adalah pilihan yang pas karena di-support oleh relationship manager, investment specialist dan manajer investasi," pungkasnya.

[Gambas:Video 20detik]

(fhs/ega)